sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 15 Mei 2024 16:55 WIB

Google tingkatkan deteksi penipuan di Android dengan Gemini

Fitur ini akan memberikan peringatan tentang potensi panggilan penipuan saat pengguna sedang berbicara di telepon.

Google tingkatkan deteksi penipuan di Android dengan Gemini

Dalam konferensi pengembang I/O 2024 tahunan, Google memperkenalkan sejumlah fitur AI baru, termasuk peningkatan deteksi penipuan di Android. Fitur ini akan memberikan peringatan tentang potensi panggilan penipuan saat pengguna sedang berbicara di telepon.

Dikutip dari Phone Arena (15/5), fitur pencegah penipuan ini akan menjadi bagian dari pembaruan Android mendatang. Menggunakan Gemini Nano, model terkecil dari keluarga model bahasa besar Google, fitur ini dirancang untuk berjalan langsung di perangkat tanpa memerlukan koneksi ke cloud.

Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan notifikasi jika AI mendeteksi "pola percakapan yang umum terkait penipuan". Misalnya, pengguna akan mendapatkan peringatan jika seseorang yang mengaku sebagai perwakilan bank meminta untuk mentransfer dana dengan segera, membayar dengan kartu hadiah, atau meminta informasi pribadi seperti PIN atau kata sandi kartu, yang merupakan permintaan tidak biasa dari bank.

Google menjelaskan bahwa perlindungan ini terjadi di perangkat pengguna, sehingga percakapan tetap bersifat pribadi. Fitur ini juga bersifat opsional, memberikan pengguna pilihan untuk mengaktifkannya atau tidak, yang merupakan hal positif.

Meskipun Gemini Nano memastikan bahwa sistem tidak akan mengunggah secara otomatis ke cloud, tetap saja fitur ini mendengarkan percakapan pengguna, yang mungkin tidak disukai oleh semua orang. Belum ada tanggal rilis yang pasti, namun Google berencana untuk memberikan lebih banyak detail pada akhir tahun ini.

Share
×
tekid
back to top