sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 07 Jun 2024 09:34 WIB

Google tingkatkan aplikasi Find My Device dengan teknologi UWB dan AR

Integrasi AR dengan UWB ini memungkinkan pengguna menggunakan kamera smartphone untuk menemukan barang yang hilang dengan petunjuk arah AR.

Google tingkatkan aplikasi Find My Device dengan teknologi UWB dan AR

Google tengah mengembangkan pembaruan besar untuk aplikasi Find My Device yang akan mencakup teknologi ultra-wideband (UWB) dan augmented reality (AR), menurut analisis terbaru dari kode aplikasi tersebut. Penemuan ini diungkap oleh AssembleDebug dan Android Authority yang menemukan referensi pada teknologi ini dalam versi terbaru aplikasi, termasuk kode yang menyebutkan "precision finding" dengan UWB dan dukungan "libraries" untuk teknologi tersebut.

Dilansir dari Phone Arena (7/6), integrasi AR dengan UWB ini memungkinkan pengguna menggunakan kamera smartphone untuk menemukan barang yang hilang dengan petunjuk arah AR yang memberikan panduan tepat menuju perangkat yang hilang. Ini merupakan lompatan besar dari sistem saat ini yang hanya mengandalkan data lokasi perkiraan dan peringatan suara.

Fitur ini terinspirasi oleh antarmuka AR berbasis arah milik Samsung untuk Galaxy SmartTag 2, namun dengan pendekatan yang lebih inklusif dari Google. Berbeda dengan Samsung yang memerlukan ponsel Galaxy yang mendukung UWB, Google berupaya memastikan teknologi ini dapat diakses oleh lebih banyak perangkat.

Namun, integrasi AR dan UWB masih dalam tahap pengembangan awal dan kemungkinan belum akan tersedia dalam waktu dekat. Selain itu, pembaruan aplikasi Find My Device juga mencakup peningkatan keamanan pengguna dan fitur "Remote Lock" yang memungkinkan pengguna mengunci perangkat mereka dari jarak jauh untuk mencegah akses tidak sah.

Pembaruan ini diharapkan dapat memperkuat posisi Find My Device sebagai alat esensial bagi pengguna Android dalam melacak dan mengamankan perangkat mereka. Temuan ini memberikan gambaran menarik tentang masa depan aplikasi tersebut, menjadikan proses pencarian perangkat yang hilang jauh lebih canggih dan efisien.

Dengan integrasi teknologi canggih seperti UWB dan AR, Google siap mengubah cara pengguna menemukan perangkat yang hilang, memberikan pengalaman yang lebih intuitif dan akurat. Pembaruan ini menunjukkan komitmen Google untuk terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna Android di seluruh dunia.

Tag
Share
×
tekid
back to top