sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 10 Apr 2024 07:56 WIB

Google sedang mengembangkan tombol 'Lookup' untuk panggilan tidak dikenal di Android

Tombol "Lookup" ini akan muncul bersama dengan opsi lainnya seperti "Block" dan "History" ketika pengguna mengetuk panggilan terbaru dalam aplikasi Google Phone.

Google sedang mengembangkan tombol 'Lookup' untuk panggilan tidak dikenal di Android

Google sedang mengembangkan fitur yang sangat sederhana namun bermanfaat: kemampuan untuk mencari tahu nomor telepon yang baru saja menelepon pengguna, langsung dari layar panggilan terbaru. Sebuah laporan dari pengguna X, @AssembleDebug mengungkapkan adanya tombol "Lookup" baru dalam versi beta aplikasi Google Phone. Tombol ini, ketika ditekan, akan membuka hasil pencarian Google dengan nomor telepon yang sudah dimasukkan.

Dilansir dari The Verge (10/4), meskipun aplikasi Google Phone menjadi aplikasi default untuk ponsel Pixel, pengguna Android lain juga dapat mengunduhnya. Tombol Lookup ini akan muncul bersama dengan opsi lainnya seperti "Block" dan "History" ketika pengguna mengetuk panggilan terbaru dalam aplikasi Google Phone. Di era di mana panggilan spam seringkali berasal dari nomor palsu yang didesain agar terlihat lokal, fitur ini dinilai sangat berguna.

Meskipun demikian, masih banyak pengguna yang harus melakukan proses yang melelahkan untuk menyalin nomor yang tidak dikenal dan menempelkannya ke pencarian Google. Pengguna hanya melakukannya setelah melihat nomor yang sama lebih dari sekali, tetapi ini masih terjadi cukup sering sehingga pengguna sangat menginginkan fitur yang memudahkan ini.

Selain itu, Google juga tengah mengembangkan kemungkinan penambahan ringkasan email Gemini ke dalam aplikasi Gmail versi Android. Fitur ini hadir dalam bentuk tombol di bawah garis subjek sebuah email. Meskipun tombol tersebut belum berfungsi, terdapat opsi menu Gemini baru dalam menu tiga titik Gmail.

Sementara aplikasi Gemini Android saat ini dapat merangkum email untuk pengguna (asalkan pengguna memiliki akun Google Workspace). Namun, pengguna pastinya akan lebih senang jika fitur Gemini dapat langsung digunakan di Gmail, seperti yang sudah tersedia di versi web.

Share
×
tekid
back to top