sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 24 Nov 2022 12:08 WIB

Sebelum populer, Google rupanya hampir dijual ke perusahaan lain

Larry Page, salah satu pendiri Google, Page ingin menjual Google yang saat itu masih dinamai BackRub ke Excite pada tahun 1997.

Sebelum populer, Google rupanya hampir dijual ke perusahaan lain

Google kini menjadi raksasa teknologi dimana menyediakan tempat pencarian bagi hampir seluruh pengguna internet. Dimulai dari sebuah server kampus, dua mahasiswa bernama Larry Page dan Sergey Brin menjadi dalang di balik terciptanya Google pada tahun 1996. 

Namun di balik popularitasnya sekarang, tahukah Sahabat Tek kalau Page hampir saja menjual Google ke perusahaan teknologi lain? Kalau saja dia tidak membatalkan niatnya itu, mungkin sekarang tidak ada kata 'Google' melainkan 'Excite'.

Satu tahun berjalan setelah menciptakan mesin pencari pertama mereka, Page ingin menjual mesin telusur tersebut ke Excite. Kala itu, Excite merupakan merek web yang sangat dikenal dan merupakan perusahaan publik sejak akhir 1990-an. 

Google kala itu dihargai USD1,6 juta, yang dipecah dalam USD600 ribu tunai, USD700 ribu saham, dan USD300 tibu untuk Stanford. Google saat itu masih sangat awal dan dikenal sebagai BackRub.

Untungnya, kesepakatan itu jelas tidak terjadi. Jika ditanya alasannya, jawabannya mungkin akan berbeda tergantung siapa yang ditanya. Dikutip dari TechSpot (24/11), dalam sebuah wawancara bertahun-tahun setelah negosiasi yang gagal, CEO Excite George Bell mengungkapkan bahwa perusahaan merasa nyaman untuk membelanjakan uang sebanyak itu di Google.

Namun sebaliknya, desakan Page untuk mengganti teknologi Excite sepenuhnya dengan Google membuat Bell tidak nyaman. Meski demikian, Bell membantah klaim tersebut. Jawaban lain terkait alasan akuisisi batal adalah karena keunggulan Google.

Excite merasa terintimidasi dengan Google dan menolak pembelian karena hasil pencariannya "terlalu bagus". Hal ini pada akhirnya dapat memotong aktivitas pengguna dan pendapatan iklan di Excite, karena orang menjadi lebih sedikit menghabiskan waktu di situs tersebut.

Untuk diketahui, Excite merupakan situs web keenam yang paling banyak dikunjungi pada tahun 1997. Saat ini situs web tersebut hanyalah bayangan dari dirinya yang dulu, digabungkan menjadi Ask Jeeves dan dioperasikan oleh perusahaan media IAC.

Tag
Share
×
tekid
back to top