Google rilis Google Photo versi ringan

Gallery Go hadir sebagai solusi untuk mereka yang kesulitan dengan akses internet. Aplikasi ini merupakan versi ringan dari Google Photo dengan sejumlah fitur mirip aplikasi aslinya.

Google rilis Google Photo versi ringan Source: Google

Google Photo menjadi salah satu alternatif cloud yang dapat digunakan oleh pemilik smartphone Android untuk menyimpan foto dan video mereka. Sayangnya, akses ke cloud selalu membutuhkan koneksi internet yang mumpuni. Hal itulah yang terkadang menjadi kendala pengguna untuk mengakses Google Photo. 

Namun Google baru saja merilis aplikasi Gallery Go. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai versi ringan dari aplikasi asli Google Photo. Fitur yang ditawarkan di aplikasi ini pun tidak jauh berbeda. Pengguna Gallery Go masih dapat mengandalkan machine learning untuk mengatur foto mereka. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Untuk pertama kalinya, pengguna TikTok turun

42 aplikasi di Play Store tayangkan iklan berbahaya

Jumlah korban aplikasi pelacak di Android meningkat 35% 


Tak hanya itu, Gallery Go juga dapat digunakan untuk meningkatkan foto secara otomatis. Pengguna juga dimungkinkan untuk menerapkan filter pada foto-foto mereka yang disimpan di Gallery Go. Menariknya adalah, aplikasi ini didesain untuk bekerja tanpa koneksi internet. Pada dasarnya, aplikasi ini memang dirancang untuk wilayah berkembang yang koneksi internetnya belum lancar. 

Aplikasi ini sendiri sudah dapat diunduh dari Google Play Store. Dalam keterangan blog resminya, Google mengklaim ukuran aplikasi ini hanyalah 10MB. Untuk diketahui, syarat untuk bisa menjalankan aplikasi ini adalah smartphone dengan OS minimal Android 8.1 Oreo. Jika versi Android berada di bawah itu, smartphone tidak akan kompatibel untuk menjalankan aplikasi ini. 

Tek.id pun langsung menjajal aplikasi ini. Aplikasi ini memang dapat berjalan secara offline. Saat kami mencoba dalam mode pesawat, di mana semua jaringan internet mati atau putus, aplikasi ini tetap bisa mengkurasi foto dan mengelompokkannya, seperti yang dilakukan Google Photo. 

Kami pun dapat mengedit foto dengan sekali ketuk. Tinggal ketuk dan tahan untuk membandingkan kedua foto tersebut. Selain itu, ada 14 filter yang ditawarkan untuk memoles foto menjadi lebih menarik. 

Namun, pengenalan foto di Gallery Go tidak sebanyak di Google Photo. Patut dimaklumi, pasalnya aplikasi ini memang sengaja didesain agar berjalan dengan ringan. Untuk kamu yang ingin menggunakan Gallery Go, dapat mengunggahnya dari Google Play Store

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: