Google rilis 53 emoji tak bergender di Pixel

Google rilis 53 emoji gender-fluid pada Pixel dalam versi beta dan akan rilis ke semua Android Q pada akhir tahun ini.

Google rilis 53 emoji tak bergender di Pixel Source: The Verge

Google telah merilis 53 emoji baru gender-fluid pada Pixel dalam versi beta minggu ini. Semua emoji tersebut juga rencananya akan dirilis ke semua Android Q pada akhir tahun ini. Dilansir dari The Verge (9/5), Fast Company melaporkan bahwa emoji tersebut telah dirancang khusus agar tidak terlihat seperti laki-laki atau perempuan, sebagai upaya Google untuk memberikan karakter emoji yang lebih universal.

Sementara itu, kini terdapat lebih dari 3.000 emoji, sejak 176 simbol asli dirilis kembali pada tahun 1999 silam. Seiring berjalannya waktu, karakter emoji menjadi lebih beragam dengan kombinasi ras dan gender baru. Jadi, tampaknya emoji gender-fluid ini tampaknya tidak akan menjadi masalah.


BACA JUGA

Sah! Proyek Dragonfly resmi ditutup

Satu lagi pengembang nakal diblokir dari Google Play Store

Sekarang Waze bisa tampilkan info harga tol


Namun kemungkinan ini akan menjadi masalah, bahwa desain emoji kadang-kadang memiliki jenis kelamin yang berbeda saat standar inti Unicode tidak menentukannya. Misalnya desain Google meluncurkan emoji orang sauna yang berkelamin perempuan, tapi desain iOS karakter tersebut bisa berubah menjadi laki-laki. Artinya jenis kelamin emoji dapat berubah ketika pesan dikirim antar platform, dan kemungkinan dapat menyebabkan kebingungan para pengguna.

Untuk saat ini, sebanyak 53 emoji baru tersebut menjadi proyek Google. Artinya jika Anda mengirimnya ke smartphone non-Google, maka mereka masih akan mendapatkan emoji yang memiliki gender. Harapannya developer lain juga akan meluncurkan emoji gender-fluid agar menjadi lebih universal.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: