Google punya AI untuk bersihkan YouTube

Google ternyata memiliki kecerdasan buatan sejak tahun 2015 untuk membersihkan YouTube dari video-video yang dinilai tidak pantas.

Google punya AI untuk bersihkan YouTube Source: Google

YouTube berkembang menjadi sebuah platform video yang populer di samping layanan serupa. Di layanan ini, setiap orang bebas mengunggah video kapan saja dan di mana saja. Sayangnya, ada banyak video yang tampaknya hadir sebagai clickbait atau bahkan menyesatkan para penggunanya.

Untungnya, Google sebenarnya memiliki solusi untuk masalah ini. Dilansir dari Ubergizmo (26/4), sebenarnya Google memiliki AI yang berjalan di balik layar. AI ini bertugas untuk membersihkan video sampah di platform tersebut.


BACA JUGA

Kebijakan baru Youtube untuk memburu video ujaran kebencian

Aplikasi YouTube Gaming bakal tutup akhir Mei

YouTube Original bakal jadi gratis


Google bahkan sudah mengkonfirmasi keberadaan AI tersebut. Kecerdasan buatan milik Google itu sebenarnya sudah ada sejak 2015. Namun saat itu, Google masih menerapkannya sebagai upaya uji coba. Barulah pada 2017, Google menggunakannya secara serius, setelah adanya insiden video tidak pantas yang muncul di YouTube Kids.

Seorang juru bicara dari Google mengatakan, “Kami mulai menguji pengelompokan clickbait pada tahun 2015, yang kami mulai secara luas pada tahun 2016 untuk meningkatkan pengalaman pengguna. AI itu akan mencari judul atau thumbnail yang tidak sesuai dalam menggambarkan konten video atau memasukkan bahasa yang tidak pantas, di antara hal-hal lainnya.”

Google mengakui bahwa ada insentif tambahan agar AI tersebut dapat membersihkan YouTube dengan lebih baik. Kendati begitu, masih ada banyak video yang lebih baik dan “tidak terlalu” mengandung clickbait di platform tersebut. Hal inilah yang membuat banyak pengguna masih berdatangan ke YouTube sehingga menghasilkan pendapatan iklan yang lebih banyak untuk Google dan para konten kreator.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: