sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Rabu, 06 Mei 2020 15:09 WIB

Google Podcasts Manager bisa tampilkan data pendengar

Podcasts Manager merupakan fitur baru yang memungkinkan podcasters melihat kebiasaan pendengar juga perangkat yang digunakan pendengar.

Google Podcasts Manager bisa tampilkan data pendengar
Source: Google

Google Podcasts bisa memberikan podcaster ide yang lebih baik tentang bagaimana kinerja mereka dalam podcastnya. Lewat Google Podcasts Manager yang baru saja diluncurkan, podcaster akan menerima lebih banyak data tentang pendengar, potensi untuk beriklan, dan mencari tahu kebiasaan audiens. Fitur ini juga dapat membantu menyusun podcast yang lebih efektif.

Google Podcasts Manager juga akan memberi tahu podcaster jenis perangkat apa yang digunakan pendengarnya untuk mengakses podcast mereka. Dengan begitu, pembuat podcast dapat menyesuaikan podcastnya agar nyaman didengarkan oleh pendengarnya. Google Podcasts tersedia sebagai aplikasi iOS dan Android, serta pada pencarian Google, Asisten Google, Android Auto, dan melalui laman podcasts.google.com.

tampilan google podcasts manager

Untuk mengakses ke data baru ini, mereka harus memverifikasi kepemilikan RSS feed-nya terlebih dahulu. Ketika mereka masuk ke Podcasts Manager untuk pertama kalinya, mereka akan dipandu melalui proses verifikasi. Podcasts Manager akan mengirimkan email berupa kode verifikasi ke pemilik yang tercantum dalam tag atau dari feed. Mereka kemudian harus memasukkan kode verifikasi di halaman verifikasi feed di Podcasts Manager.

Satu yang hilang dari analisis baru ini adalah data demografis pendengar, yang menjadi salah satu nilai jual pesaing Google Podcasts yakni Spotify. Sama dengan Google, Apple Podcast juga tidak menyediakan data demografis. Namun, itu juga sejalan dengan sikap perusahaan yang melindungi privasi pengguna lebih ketat. Dilansir dari The Verge (6/5), Google mengatakan tidak akan memberikan informasi demografis seperti di mana pendengar berbasis dan berapa usia mereka untuk saat ini.

Share
back to top