Google Play Store akhirnya punya mode gelap

Google dilaporkan sudah menghadirkan mode gelap untuk aplikasi Play Store. Update ini diberikan menyusul update mode gelap untuk Gmail.

Google Play Store akhirnya punya mode gelap Source: XDA Developers

Android 10 akhirnya resmi dirilis Google. Sistem operasi ini hadir dengan beberapa penambahan fitur baru di dalamnya, salah satunya adalah dark mode. Fitur itu tidak hanya berlaku di antarmuka sistem aplikasi, tetapi juga berlaku pada aplikasi pihak ketiga lainnya. 

Sewaktu merilis Android 10, Google berencana untuk meningkatkan seluruh aplikasi utamanya agar mendukung dark mode ini. Namun sudah lebih dari seminggu, sejak versi stabilnya dirilis, XDA Developers (12/9) mendapati bahwa perangkat Pixel dan dua aplikasi utama Google belum mendapatkan fitur dark mode. Dua aplikasi itu adalah Gmail dan Play Store


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google Maps kini punya fitur mirip medsos

Google Assistant bisa bantu pengguna feature phone cari info di internet

Sekarang bisa pesan GoFood dan cek saldo bank via Google Assistant


Berkenaan dengan itu, Gmail akhirnya memberikan update dark mode kemarin. Itu pun terbatas pada pengguna tertentu saja. Nah, sehari sesudahnya XDA Developers melaporkan bahwa Google Play Store akhirnya mulai mendapatkan tampilan dark mode

Untuk diketahui, perangkat yang digunakan untuk membuka Play Store itu adalah Google Pixel 2 XL dengan sistem operasi Android 10 di dalamnya. Tampilan Play Store kini menunjukkan abu-abu gelap bahkan hampir hitam pada background aplikasi ini. 

Tampaknya hal serupa kembali terjadi. Update ini baru terbatas pada beberapa pengguna saja. Pasalnya ketika dicoba pada perangkat lain, Play Store itu belum mendukung tampilan gelap a la dark mode yang ditawarkan Android 10. Adapun versi Play Store yang sudah mendukung dark mode itu adalah versi 16.6.25. 

Belum diketahui kapan dark mode Play Store ini akan tersedia untuk seluruh pengguna Android 10. Di samping itu, Google pernah mengumumkan menyediakan desain baru Play Store untuk menyiapkan kehadiran dark mode. Namun raksasa teknologi itu sempat berubah pikiran dan menarik kembali desain itu. Tak butuh waktu lama, desain baru kembali diberikan. Bisa jadi, Google akan melakukan hal yang sama dengan dark mode ini. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: