sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Rabu, 22 Mar 2023 10:18 WIB

Google Pixel 8 diprediksi pakai SoC Samsung Exynos 2300 kustom

Ada laporan bahwa divisi semikonduktor Samsung masih mengerjakan proses Exynos kelas flagship baru dengan nama kode Quadra.

Google Pixel 8 diprediksi pakai SoC Samsung Exynos 2300 kustom

Google sedang bersiap untuk meluncurkan seri Pixel 8 akhir tahun ini. Perangkat kelas flagship baru ini diharapkan tiba dengan chip Tensor generasi baru. Meskipun demikian, sebuah laporan terkini mengungkapkan bahwa chip baru tersebut mungkin merupakan versi modifikasi dari chipset milik Samsung.

Sebagai informasi, Samsung telah melewatkan chip Exynos miliknya dari seri Galaxy S23 tahun ini untuk mendukung prosesor Qualcomm Snapdragon. Tapi sekarang, rumor baru menunjukkan bahwa chipset Exynos 2300 yang sempat dibatalkan mungkin menjadi bentuk baru. Dilansir dari Gizmochina (22/3), Google tampaknya berencana untuk menggunakan versi modifikasi dari Exynos 2300 untuk prosesor Tensor generasi berikutnya.

Dengan kata lain, tampaknya Samsung diam-diam mengerjakan Exynos 2300 meski belum meresmikannya. Namun, ada laporan bahwa divisi semikonduktor Samsung masih mengerjakan proses Exynos kelas flagship baru dengan nama kode Quadra. Jadi, Quadra mungkin akan dimodifikasi dan digunakan sebagai basis chipset Tensor 3.

Berdasarkan bocoran baru-baru ini, Exynos 2300 akan menampilkan core utama Cortex X3 yang memiliki kecepatan clock maksimum 3,09 GHz, bersama dengan empat core Cortex A715 dengan clock 2,65 GHz dan empat core irit daya Cortex A510 dengan clock 2,1 GHz.

Sayangnya, belum ada kabar lebih mendetail lagi seputar rumor prosesor Google Pixel 8. Laporan sebelumnya juga mengisyaratkan bahwa chip Tensor generasi berikutnya didasarkan pada proses 4 nm buatan Samsung, jadi jelas bahwa kedua perusahaan bekerja sama untuk pengembangan chip.

Share
×
tekid
back to top