Google Pixel 3a ternyata mudah diperbaiki

Pixel 3a hadir sebagai perangkat terbaru dari Google. Hadir dengan harga miring dibandingkan Pixel lainnya, ponsel ini ternyata juga mudah untuk diperbaiki.

Salah satu pertimbangan dalam memilih sebuah ponsel adalah seberapa mudah ponsel itu dapat diperbaiki. Pasalnya hal ini akan berpengaruh pada waktu dan biaya yang dibutuhkan sampai ponsel siap digunakan lagi. Hal yang sama berlaku untuk Google Pixel 3a.

Dilansir iFixIt (10/5), sebuah situs yang kerap menguji seberapa mudah ponsel dapat diperbaiki, memberi skor 6 dari 10 untuk Google Pixel 3a. Pasalnya situs ini mendapati bahwa bagian layar Pixel 3a mudah untuk dilepas.


BACA JUGA

Kamera Honor 20 Pro toreh nilai 111 poin dari DxOMark

Smartphone entry-level serba bisa itu benaran ada

Rumor: Pixel 4 tidak akan punya tombol fisik dan notch


Umumnya, untuk membongkar sebuah ponsel unibodi, perlu alat pemanas untuk melelehkan lem di dalamnya. Namun Google justru menggunakan bahan seperti spons yang mudah untuk dipisahkan. IFixIt mencatat adanya penurunan di sektor ini. Bisa jadi, ini juga yang menyebabkan Pixel 3a tidak dibekali dengan fitur anti air. Kendati begitu, kemudahan ini juga menjadi nilai plus bagi Google Pixel 3a.

Berpindah ke bagian belakang, kabel yang menghubungkan baterai disusun di atas baterai.  Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menyembunyikan kabel emas itu di bawah baterai. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, hal ini berpotensi merusak komponen tersebut.

Kemudian terdapat slot USB Type-C dan jack 3,5 mm yang ternyata berupa komponen modular. Artinya, komponen ini dapat diganti dengan mudah asalkan tersedia suku cadang yang memadai.

Untuk diketahui, Google memposisikan Pix 3a sebagai produk Pixel dengan harga terjangkau. Untuk itu, Google menyematkan prosesor Snapdragon 670 dan GPU Adreno 615 yang masuk dalam kategori kelas menengah. Sementara itu, terdapat jua RAM 4GB dengan memori internal 64GB.Google juga tidak menyematkan teknologi wireless charging pada perangkat ini.

Layarnya berukuran 5,6 inci dengan panel OLED. Sementara itu, terdapat juga kamera depan 8 MP f/2.0 di sana. Sedangkan di bagian belakang, ada kamera 12.2 MP f/1.8 yang dilengkapi oleh stabilizer OIS. Kamera ini mampu merekam video dengan kualitas 4k atau 1080p hingga 120fps.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: