sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
Kamis, 21 Mei 2020 11:45 WIB

Google pastikan teknologinya nyaman digunakan penyandang Down Syndrome

Google bekerjasama dengan Canadian Down Syndrome Society untuk menghimpun pengenalan suara penyandang Down Syndrome.

Google pastikan teknologinya nyaman digunakan penyandang Down Syndrome
Source: Canadian Down Syndrome Society

Google dikabarkan sedang bekerjasama dengan asosiasi Down Syndrome Kanada untuk membuat teknologinya lebih ramah untuk penyandang down syndrome.

"Hello, my name is Matthew MacNeil. I live in Tillsonburg, Ontario," menjadi "Hello my name is Master MacNeil. I live in traffic Ontario." Inilah yang akan terjadi apabila seorang penyandang down syndrome menggunakan fitur kontrol suara.

Matthew MacNeil, seorang penyandang Down syndrome asal Kanada sangat merasa frustasi dengan fitur kontrol suara yang ada di Androidnya yang kerap kali salah mengartikan ucapannya. Padahal, MacNeil juga membutuhkan asisten suara seperti orang normal lainnya untuk mencatat jam kerjanya setiap minggu di supermarket tempatnya bekerja, atau mengatur waktu ketika sedang workout di rumah.

"Itu (asisten suara) selalu mengoreksi apa yang Saya katakan," katanya dalam sebuah wawancara dengan CNET (21/5), "Dan aku seperti, 'Aku tidak mengatakan itu. Aku mengatakan ini.”

Seperti yang diketahui, seorang penyandang down syndrome memiliki keterbatasan dalam mengucapkan kata tertentu, dan kebanyakan teknologi belum memperhatikan itu. Bagi banyak orang, asisten suara seperti Amazon Alexa, Apple Siri atau Google Home menawarkan cara yang lebih mudah untuk memeriksa suhu di luar atau untuk mendengarkan lagu favorit mereka untuk pesta dansa dadakan. Namun bagi orang dengan Down syndrome, itu bisa dianggap sebagai mukjizat teknologi.

Bagi mereka penyandang down syndrome, untuk bisa dipahami adalah sebuah perjuangan. Matthew berharap perusahaan teknologi dapat memudahkan dirinya dan mereka yang sama-sama berjuang untuk hidup normal seperti orang lain. Dalam mendukung upaya Google dan Canadian Down Syndrome Society, Matthew menyumbangkan suaranya untuk membantu pengenalan suara para penyandang. Hingga saat ini, terdapat 600 penyandang down syndrome yang ikut serta dalam pengenalan wicara.

Tag
Share
back to top