sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Jumat, 15 Des 2023 12:08 WIB

Google, Meta & Qualcomm jalin kerja sama demi bangun ekosistem digital

Google, Meta, dan Qualcomm resmi memulai kerja sama dalam bidang teknologi demi membangun ekosistem digital yang lebih baik.

Google, Meta & Qualcomm jalin kerja sama demi bangun ekosistem digital

Tiga perusahaan teknologi raksasa, Google, Meta, dan Qualcomm telah menyepakati kerja sama untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan. Tidak hanya ketiga perusahaan tersebut, kabarnya ada 7 perusahaan lain yang juga tertarik untuk membangun ekosistem digital demi menghindari aturan terkait perusahaan teknologi di Eropa baru-baru ini.

Dilansir dari Reuters (14/12), serikat kerja sama itu dinamai CODE atau Coalition for Open Digital Ecosystems. Tujuan dari serikat kerja sama ini adalah untuk meningkatkan platform terbuka beserta sistemnya dengan harapan bisa mendorong inovasi dan pertumbuhan teknologi di Eropa.

Serikat perusahaan teknologi ini akan bergerak pada bidang akademik, pembuat kebijakan hingga perusahaan digital. CODE akan mengimplementasikan kebijakan digital marketing atau DMA serta kebijakan pembangunan masa depan di Eropa.

Dengan kata lain, CODE akan menjadi penjaga pintu segala aktivitas platform terbuka yang nantinya bakal turut membantu menawarkan produk atau jasa melalui ruang tersebut. Artinya Meta, Google, dan Qualcomm serta 7 perusahaan teknologi lainnya akan bergerak sebagai fasilitator bagi pengembang bisnis teknologi di kawasan Eropa.

"Kami telah melakukan sejumlah perbincangan dalam beberapa bulan terakhir tentang apa yang dimaksud dengan 'kebaikan' dalam ekosistem digital di Eropa, apa yang mendorong inovasi, dan apa yang akan berdampak positif terhadap daya saing. Kami pikir keterbukaan adalah elemen yang sangat penting," Lynx kata pendiri Stan Larroque, salah satu perusahaan yang tergabung dalam serikat tersebut dalam sebuah pernyataan.

Adapun selain beberapa perusahaan yang telah disebutkan sebelumnya, ada sejumlah perusahaan teknologi lainnya dalam serikat ini. Adalah Honor, Lenovo, Lynx, Motorola, Nothing, Opera, dan Wire.

Inisiasi ini bisa menjadi awal perubahan bagi pasar teknologi di Eropa yang lebih terbuka dan transparan. Selain itu dengan pengembangan ekosistem digital yang baru diharapkan bisa memutus segala batas-batas yang selama ini menghalangi setiap perusahaan teknologi untuk berkolaborasi.

Share
×
tekid
back to top