sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 11 Feb 2022 14:23 WIB

Google luncurkan developer preview Android 13

Google meluncurkan pratinjau pengembang pertama untuk Android 13 yang dapat diunduh bagi pengguna seri Pixel 4, 5, dan 6.

Google luncurkan  developer preview Android 13

Setelah beberapa bulan merilis sistem operasi Android 12, Google kini dilaporkan sedang mengerjakan penerusnya, Android 13. Dilansir dari Gizmochina (11/2), perusahaan meluncurkan pratinjau pengembang pertama untuk Android 13 yang dapat diunduh bagi pengguna seri Pixel 4, 5, dan 6.

Pratinjau Android 13 developer menampilkan antarmuka pengguna yang ditingkatkan dan fitur baru terkait privasi. Karena versi ini merupakan pratinjau pengembang, jadi sebagian besar fitur yang terungkap tampak difokuskan untuk pengembang.

Versi ini menampilkan tema Material You yang dapat mengintegrasikan aplikasi dengan lebih baik. Ikon aplikasi bertema juga dapat mewarisi bagian dari palet warna, yang cocok dengan antarmuka lainnya di perangkat. Fitur ini akan datang lebih dulu ke Pixel, namun Google mengatakan sedang bekerja untuk produsen lain dan merilisnya lebih luas. 

Di sisi lain, perusahaan juga mengubah cara Android menangani keamanan dan perizinan. Pengguna dapat lebih leluasa mengirim foto atau video tanpa memerlukan izin aplikasi. Menurut laporan, fitur ini tidak hanya akan dihadirkan ke Android 13, tapi juga pembaruan Android 11 mendatang.

Google juga menambahkan izin ”NEARBY_WIFI_DEVICES” baru yang akan memberi daftar perangkat terdekat tanpa memerlukan izin lokasi. Preferensi bahasa juga nantinya dapat diatur per aplikasi.

Perusahaan mengatakan, berencana untuk merilis pratinjau pengembang Android 13 selama beberapa bulan, baru setelah itu beralih ke rilis beta sekitar April. Ini berarti, versi resminya mungkin akan dirilis sekitar Juni atau Juli.

Share
×
tekid
back to top