Google I/O 2019

Google janjikan Google Assistant yang lebih baik pada perangkat Pixel terbaru

Pihak Google menjanjikan pengalaman penggunaan Google Assistant yang 10 kali lebih cepat dan dapat berjalan meski tanpa ada koneksi internet.

Google janjikan Google Assistant yang lebih baik pada perangkat Pixel terbaru Google Assistant (Wccftech)

Saat ini, Google Assistant sudah ada di lebih dari satu miliar perangkat dan tersedia dalam lebih dari 30 bahasa di 80 negara. Bahkan, Google mengklaim bahwa saat ini fitur tersebut sudah bekerja di lebih dari 30 ribu perangkat terhubung yang unik untuk rumah. Google Assistant pun sudah bisa terhubung dengan 3.500 merek di seluruh dunia.

Meski telah banyak melakukan pembaruan, perusahaan yang kini ada di bawah Alphabet tersebut akan membuat pembaruan yang lebih besar. Dalam ajang Google I/O 2019, mereka menyebut akan meluncurkan “Asisten generasi berikutnya".


BACA JUGA

Kini Google Assistant bisa menemukan tempat parkir Anda

Google hentikan layanan Daydream VR dari Google Play Film & TV

Google akan pisah layanan Drive dan Photos bulan Juli


Wccftech (8/5) melaporkan, pihak Google mengklaim bahwa Assistant generasi selanjutnya akan jauh lebih cepat dibandingkan saat ini. Bahkan, mereka mengklaim pembaruan ini akan membawa proses 10 kali lebih cepat.

“Dibangun berdasarkan kemajuan dalam teknologi neural networks, kami mengembangkan model pengenalan suara dan pemahaman bahasa yang benar-benar baru, membawa 100GB model di cloud, menjadi kurang dari setengah gigabyte,” kata pihak Google.

“Dengan model baru ini, AI yang memberi daya pada Asisten sekarang dapat berjalan secara lokal di ponsel Anda. Terobosan ini memungkinkan kami untuk membuat asisten generasi berikutnya memiliki latensi yang rendah dengan transkripsi yang terjadi secara real-time, bahkan ketika Anda tidak memiliki koneksi jaringan sekalipun,” ujarn pihak Google.

Menurut Google, Google Assistant membutuhkan sebanyak 100GB data untuk memahami dan memroses permintaan pengguna. Namun, saat ini mereka dapat mengurangi keperluan data tersebut hanya menjadi 0,5GB saja.

Ini berarti seluruh model data dapat tersimpan di smartphone pengguna yang memungkinkan beberapa fungsi yang sebelumnya tidak dapat berjalan. Tentu saja, hal ini akan menjadi sebuah keunggulan yang belum dimiliki oleh para pesaing mereka.

Sayang, untuk mendapatkan asisten generasi berikutnya, para penggemar harus menunggu fitur ini rilis pada pertengahan hingga akhir tahun ini. Sayangnya, fitur ini baru akan ada di "ponsel Pixel berikutnya". Namun, hal ini dapat dimengerti karena Google ingin mendongkrak penjualan perangkat mereka. Jadi, mungkin ini adalah salah satu cara yang dianggap paling tepat bagi Google untuk melakukan hal tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: