sun
moon
Premium Partner :
Selasa, 24 Mar 2020 10:07 WIB

Ajak pengembang ke Stadia, Google jalankan program Stadia Makers

Program ini didesain untuk memperluas kesempatan meluncurkan gim untuk para pengembang independen di platform streaming gim tersebut

Ajak pengembang ke Stadia, Google jalankan program Stadia Makers
Source: Google

Sejak diluncurkan pada November 2019 silam, Google terus berusaha mengembangkan platform cloud gaming Stadia. Nah, melalui Google for Games Developer Summit yang baru saja dilaksanakan, raksasa teknologi ini membuat sebuah program baru untuk menarik lebih banyak pengembang di platform tersebut. 

Program itu bernama Stadia Makers. Menurut Google, program ini didesain untuk memperluas kesempatan meluncurkan gim untuk para pengembang independen di platform streaming gim tersebut. Tidak hanya itu, untuk menjalankan program ini, Google juga menggandeng Unity. 

Ada tiga keuntungan yang ditawarkan Google dalam program ini, yakni dukungan teknis, hardware gratis dan pendanaan. Dukungan teknis ini akan diberikan oleh para ahli dari Unity bahkan hingga gim yang dibuat sudah diluncurkan. 

Sementara itu, partisipan Stadia Makers akan mendapatkan hingga lima development kits secara gratis. Jumlahnya tergantung dari ukuran dan struktur tim yang ada. Terakhir, pendanaan akan diberikan untuk para pengembang yang tergabung dalam program ini. Syaratnya, pengembang tersebut harus mengembangkan gim lintas platform. Google mengatakan Stadia akan membiayai sebagian dana pengembangan tersebut. 

Dilansir dari TheVerge (24/3), program ini sudah terbuka bagi para pengembang yang membuat gim di Unity 2019.3 atau sesudahnya. Gim-gim yang dibuat dalam program ini kabarnya akan diluncurkan sepanjang tahun 2020 dan 2021. Tidak hanya itu, pengembang yang bergabung dalam Stadia Makers harus menambahkan Stadia dalam daftar peluncuran hari pertamanya. 

Untuk diketahui, sampai saat ini, Stadia sudah memiliki 35 koleksi gim yang dapat dimainkan. Google menyatakan bahwa sepanjang tahun ini, gim-gim baru akan ditambahkan di platform tersebut. Mungkin saja, program Stadia Makers ini dapat memperkaya jumlah koleksi gim di platform streaming gim itu. 

Share
back to top