Google Indonesia klaim telah latih 1 juta UKM

Pelatihan UKM tersebut berupa melatih para pelaku UKM secara gratis untuk belajar tentang berbagai keterampilan penggunaan teknologi online

Google Indonesia klaim telah latih 1 juta UKM

Google baru saja mengumumkan telah melatih 1 juta UKM sejak tahun 2015 silam, melalui pelatihan langsung dan pelatihan digital seperti Gapura Digital dan Womenwill. Diklaim saat ini telah melakukan pelatihan Gapura Digital dalam 14 lokasi yang terdapat pada 12 kota di Indonesia. Pelatihan ini berupa melatih para pelaku UKM secara gratis untuk belajar tentang berbagai keterampilan penggunaan teknologi online. Jadi para pelaku UKM akan diajarkan mulai dari membuat website, hingga pelatihan tentang digital marketing

“Setelah memperluas pelatihan Gapura Digital pada 14 lokasi di Indonesia, kami melihat tingginya antusiasme dari para pelaku UKM yang ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana mereka bisa membawa bisnis mereka online dan memanfaatkan Internet untuk bisnis mereka. Kami juga kagum terhadap ribuan wanita yang telah berbagi tentang cerita sukses mereka di program Womenwill, dan kami berharap program ini juga dapat menginspirasi wanita-wanita lainnya untuk memanfaatkan Internet dan menumbuhkan bisnis mereka,” kata Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami. 


BACA JUGA

Google bakal ajarkan pelafalan berbagai bahasa

Programmer muda ditemukan meninggal di kantor pusat Google

Google hapus 22 aplikasi ini dari Play Store


Selain itu, Google juga mengumumkan kerja sama terbarunya dengan Kementrian Perindustrian. Kerja sama ini berupa mengadakan program pelatihan “Sahabat Go Digital” dan menjalankan misi Revolusi Industri 4.0 milik pemerintah. Untuk program pelatihan “Sahabat Go Digital” ini, karyawan Google akan memberikan pelatihan secara langsung selama tiga bulan kepada kelompok UKM terpilih yang memiliki potensi untuk melebarkan target pasar yang lebih luas dan menjangkau pelanggan dari luar negeri. Oh iya, program ini akan dimulai pada bulan September mendatang. 

“Google menyambut dengan baik inisiatif pemerintah untuk menjadikan keterampilan digital sebagai bagian dari Indonesia 4.0. Kami berharap bisa menjadi mitra yang tepat bagi pemerintah untuk mendukung terwujudnya inisiatif ini. Kami sangat tidak sabar untuk menjalankan program pelatihan langsung ini, dan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang memiliki program seperti ini di Asia,” kata Head of Public Policy & Government Relations Google Indonesia, Putri Alam. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: