sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 28 Feb 2022 09:32 WIB

Google hentikan sementara data trafik Google Maps di wilayah Ukraina

Dengan menonaktifkan beberapa fitur Google Maps di Ukraina, orang-orang secara global tidak dapat melihat situasi secara langsung di beberapa tempat.

Google hentikan sementara data trafik Google Maps di wilayah Ukraina
Source: Pexels

Google mengonfirmasi telah menonaktifkan sementara beberapa fitur Google Maps yang memberikan informasi langsung tentang kondisi lalu lintas dan beberapa tempat di Ukraina. 

Dilansir dari Reuters (28/2), perusahaan menonaktifkan lalu lintas Ukraina dan informasi keramaian di tempat-tempat seperti toko dan restoran. Hal ini dilakukan secara global untuk keselamatan komunitas lokal di negara tersebut, setelah berkonsultasi dengan sumber-sumber seperti otoritas regional.

Seperti diketahui, Ukraina menghadapi serangan dari pasukan Rusia yang menginvasi negara itu pada Kamis lalu. Ketika rudal berjatuhan di kota-kota Ukraina, hampir 400.000 warga sipil terutama wanita dan anak-anak melarikan diri ke negara-negara tetangga. Rusia menyebut tindakannya terhadap Ukraina sebagai “operasi khusus.”

Beberapa raksasa teknologi termasuk Google mengatakan mengambil langkah-langkah baru untuk melindungi keamanan pengguna di wilayah tersebut. Berdasarkan laporan dari seorang profesor di Institut Studi Internasional Middlebury California, Google Maps membantunya melacak "kemacetan lalu lintas" yang sebenarnya adalah pergerakan Rusia menuju perbatasan beberapa jam sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan serangan itu. 

Meski demikian, Google mengatakan informasi lalu lintas langsung tetap tersedia untuk pengemudi yang menggunakan fitur navigasi di area tersebut.

Selain Google, Twitter sebelumnya dilaporkan menghentikan sementara iklan dan rekomendasi di Ukraina maupun Rusia untuk menghindari terjadinya misinformasi.

Twitter tidak menunjukkan berapa lama langkah ini dilakukan, tetapi mengatakan itu adalah bagian dari pekerjaan yang sedang berlangsung untuk menanggapi invasi Rusia ke Ukraina.

Share
×
tekid
back to top