sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 17 Feb 2022 10:01 WIB

Google Docs bisa rangkum dokumen secara otomatis

Google melalui Smart Canvas menghadirkan dua fitur baru untuk Google Docs, yaitu rangkum otomatis dan tampilan tanpa halaman,

Google Docs bisa rangkum dokumen secara otomatis

Google dilaporkan menambahkan fitur baru untuk Smart Canvas yang memudahkan pengguna dalam merangkum sebuah dokumen. Seperti diketahui, Smart Canvas merupakan inovasi perusahaan dalam menghadirkan wadah hybrid yang menyatukan seluruh layanan, seperti Google Docs, Meet, Slides dan Sheets.

Dilansir dari TechRadar (17/2), fitur baru ini membantu pengguna membuat ringkasan secara otomatis, yang memberikan gambaran singkat tentang poin-poin utama dalam sebuah dokumen di Docs. Fitur ini memanfaatkan teknologi AI yang disematkan oleh perusahaan.

Google mengatakan, ketika pengguna membuka Docs, ringkasan akan muncul di sisi kiri, memberikan gambaran secara luas terkait isi dokumen tersebut. Meskipun ringkasan dibuat secara otomatis, namun pengguna tetap dapat mengeditnya sendiri.

“Summaries di Docs memberikan ikhtisar singkat tentang poin utama dalam dokumen, sehingga Anda dapat dengan cepat mengurai informasi yang penting dan memprioritaskan fokus,” kata Google dalam pengumuman di blog resminya.

Selain fitur rangkuman, Google juga menghadirkan tampilan baru untuk Docs. Semakin banyak orang bekerja dari rumah dewasa ini membuat lebih sedikit dokumen yang dicetak. Sebagai gantinya, mereka menggunakan dokumen secara online, melalui laptop atau smartphone

Berlandaskan alasan tersebut, Google meluncurkan format Docs tanpa halaman yang memungkinkan pengguna menghapus batas halaman agar dokumen terlihat lebih luas dan lebih efektif digunakan di layar smartphone maupun laptop. Namun, jika ingin mencetak dokumen tersebut, pengguna dapat beralih kembali ke tampilan halaman.

Share
×
tekid
back to top