sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 03 Des 2021 14:04 WIB

Google diprediksi bikin smartwatch merek sendiri di 2022

Ini akan menjadi smartwatch yang relatif khas dengan sensor detak jantung dan baterai yang masih membutuhkan pengisian daya setiap hari.

Google diprediksi bikin smartwatch merek sendiri di 2022
Ilustrasi: Pixabay

Rumor seputar smartwatch bermerk Google telah ada selama beberapa tahun belakangan ini, tetapi ini mungkin hampir menjadi kenyataan. Sumber orang dalam mengklaim Google berencana merilis smartwatch pertama yang dikembangkan sendiri, dengan nama kode “Rohan”, pada 2022. Perangkat Wear OS ini akan menjadi perangkat yang menarik dengan layar bundar, tetapi tanpa bezel fisik – berbeda dengan Galaxy Watch 4.

Rohan akan menjadi smartwatch yang relatif khas dengan sensor detak jantung dan baterai yang masih membutuhkan pengisian daya setiap hari. Perangkat itu akan menggunakan tali eksklusif. Seorang keterangan rahasia yang berbicara kepada The Verge mengklaim wearable itu akan “lebih mahal dari Fitbit” dan berfungsi sebagai pesaing Apple Watch.

Dilansir dari Engadget (3/12), software mungkin merupakan fitur yang paling penting. Seperti ponsel Pixel, Rohan akan berfungsi sebagai “pameran” untuk platform Google – dalam hal ini, Wear OS 3. Smartwatch ini secara teoritis akan menunjukkan kepada pengguna apa yang dapat dilakukan oleh Wear OS, dan memberikan titik referensi kepada mitra perangkat untuk mengembangkannya.

Google telah menolak berkomentar, mengutip kebijakan untuk tidak mengomentari rumor atau spekulasi. Namun konsepnya mungkin bukan hal baru. Google diduga menghentikan upaya pertamanya pada smartwatch resmi pada 2016 dan sebaliknya telah mempercayai penawaran pihak ketiga dari Fossil, LG, dan lainnya. Sekarang hal tersebut sudah maju karena tidak hanya selesai mengakui Fitbit, tetapi dilaporkan telah menggabungkan tim wearable dengan Fitbit dan mencoba meniru fokus Apple pada kesehatan.

Smartwatch buatan sendiri mungkin diperlukan. Apple terus mendominasi pasar smartwatch meskipun ada banyak perangkat murah dan persaingan dari merek besar seperti Samsung dan Garmin. Beberapa di antaranya disalahkan pada perangkat Wear OS yang loyo, belum lagi kurangnya pembaruan OS yang signifikan.

Share
×
tekid
back to top