Google Cloud Region bakal hadir di Indonesia 2020

Google Cloud Region akan melakukan ekspansi ke wilayah Asia, termasuk Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

Google Cloud Region bakal hadir di Indonesia 2020 Source: Startup Columbia

Google baru saja mengumumkan bahwa akan melakukan ekspansi bisnis secara global, termasuk di Asia dengan berinvestasi pada infrastruktur dan konektivitas. Hal ini diumumkan dalam konferensi Google NEXT '19, di San Francisco.

Diketahui, Google Cloud kini melakukan ekspansi ke wilayah Seoul (Korea Selatan) dan Salt Lake City (AS), yang menambah jumlah total wilayah global menjadi 23 di tahun 2020 mendatang.


BACA JUGA

Google : daftarkan recovery number bisa blokir panggilan spam

Apa arti penangguhan lisensi Android untuk Huawei

Kata Google soal pemblokiran terhadap Huawei


Google juga menyebutkan bahwa mereka akan memperluas Google Cloud Region ke Indonesia, dengan memilih Jakarta dan mulai tersedia pada semester pertama tahun 2020 mendatang. Diklaim dengan hadirnya Cloud Region di Jakarta, maka akan membuat berbagai startup dan perusahaan bisa memperoleh manfaat dari data dan workload mereka yang berbasis cloud. Di sisi lain, Google Cloud kini telah beroperasi pada 58 zona di 19 wilayah di seluruh dunia.

"Indonesia adalah pusat kekuatan digital dan salah satu pasar Google Cloud yang tumbuh paling cepat di Asia Tenggara. Kami telah melihat momentum bisnis dan pelanggan yang signifikan di Indonesia dalam 6-12 bulan terakhir, dan kami yakin bahwa cloud region baru di Jakarta akan membuka lebih banyak peluang untuk berbagai perusahaan dan startup. Mereka juga bisa memanfaatkan berbagai alat di Google Cloud untuk mencapai skala yang lebih besar, pendapatan yang lebih tinggi, dan efisiensi biaya," kata Kepala Google Cloud wilayah Asia Tenggara, Tim Synan.

Sementara itu, Google Cloud diketahui telah membuka 15 wilayah dan 45 zona di 13 negara dalam waktu tiga tahun.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: