sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Sabtu, 30 Mei 2020 10:31 WIB

Google bantu pengguna atur jarak aman untuk physical distancing

Sodar merupakan tool yang diberikan Google untuk mengatur jarak aman pengguna dengan orang lain saat physical distancing menggunakan teknologi augmented reality.

Google bantu pengguna atur jarak aman untuk physical distancing
Source: Google Sodar

Sudah berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi pandemi corona di dunia. Industri teknologi pun turun tangan untuk membantu memudahkan penanganan virus ini, sekaligus mencegahnya. Karena itulah, untuk pertama kalinya Apple dan Google bekerja sama menghadirkan contact tracing di sistem operasi mereka. 

Namun Google punya cara baru bagi penggunanya untuk tetap mempertahankan physical distancing. Raksasa teknologi ini meluncurkan tool berbasis augmented reality yang dapat membantu pengguna mengenali jarak aman dengan orang lain. 

Tool ini bernama SODAR. Menariknya, Google membuat akses tool ini menjadi sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Chrome, kemudian memasukkan URL goo.gle/sodar untuk meluncurkan tool ini. Tool ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Sayangnya pemilik iOS tidak bisa mengaksesnya, demikian juga dengan pengguna Android dengan sistem operasi yang sudah lawas. 

Google Sodar di Chrome Android

Saat URL menuju tool Sodar itu sudah diakses, pengguna akan diminta meluncurkan tool tersebut. Selanjutnya Sodar akan meminta izin untuk membuat peta 3D di sekeliling pengguna dan melacak posisi kamera ponsel. Tool ini akan menghitung jarak 2 meter dari posisi pengguna menggunakan Augmented Reality. 

Satu hal yang harus diketahui juga, pengguna harus memiliki aplikasi chrome versi terbaru. Jika tidak, laman Sodar akan meminta pengguna untuk memperbarui aplikasi Chrome mereka. Tool ini juga hanya akan bekerja di Chrome saja. Artinya, tool ini tidak akan berjalan di aplikasi browser bawaan vendor atau aplikasi browser lainnya. 

Hal ini terbukti ketika Tek.id menjajalnya menggunakan browser bawaan dari Xiaomi dan Realme. Kedua browser ini tidak bisa menjalankan tool Sodar. Malahan, tool ini meminta kami untuk meng-update Chrome, yang memang sudah dalam versi terbaru. 

Sodar tidak dapat digunakan di browser selain Chrome

Biasanya akurasi pengukuran ini mengandalkan infra merah atau kamera ToF. Karena kedua smartphone yang kami gunakan belum mendukung teknologi itu, akurasi pengukurannya menjadi kurang akurat. 

Sejauh ini, tool ini cukup membantu terutama bagi mereka yang hendak melakukan kontak dengan orang lain. Namun pada dasarnya orang sudah menyadari jarak aman yang dibutuhkan ketika berada dekat dengan orang lain. Tool ini bukan patokan utama, namun sebagai tambahan untuk meyakinkan jarak aman yang harus diambil. 
 

Share
back to top