Google akuisisi Fitbit senilai Rp29 triliun

Google resmi mengumumkan akuisisi Fitbit senilai USD2,1 miliar (29,3 triliun) melalui posting-an di blog-nya.

Google akuisisi Fitbit senilai Rp29 triliun (Foto: Techradar)

Google resmi mengumumkan akuisisi Fitbit senilai USD2,1 miliar (29,3 triliun). Melalui posting-an di blog-nya, SVP Devices and Services Google Rick Osterloh mengatakan bahwa akuisisi Fitbit merupakan "kesempatan untuk berinvestasi lebih banyak lagi di Wear OS serta memperkenalkan perangkat wearable yang dibuat Google ke pasar.

Kabar ini hadir hanya beberapa hari setelah laporan dari Reuters mencuat. Laporan itu mengklaim, Google sedang dalam diskusi untuk membeli perusahaan pelacak kebugaran yang populer. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini daftar gim Android terbaik 2019 versi Google

Daftar aplikasi terbaik 2019, Dana jadi aplikasi pilihan pengguna

Google mudahkan pengiriman gambar semudah aplikasi chatting 


Berdasarkan kesepakatan itu, Fitbit akan bergabung dengan Google. Kondisi ini mirip seperti Nest, yang sepenuhnya berada di bawah Google. Lain halnya ketika Alphabet mengakuisisi perusahaan rumah pintar, namun membiarkannya sebagai divisi terpisah di bawah struktur perusahaan.

Fitbit tetap jaga privasi

Berdasarkan siaran pers terpisah yang dirilis Fitbit, perusahaan menyatakan akan tetap menganggap privasi untuk data kesehatan dan kebugaran sebagai hal yang serius. Perusahaan mencatat "Data kesehatan dan kebugaran Fitbit tidak akan digunakan untuk iklan Google."

Akuisisi ini terbilang sangat masuk akal bagi Google. Pasalnya, raksasa teknologi ini telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk masuk ke pasar produk wearable, meski sebagian besarnya gagal. Sementara itu perangkat Fitbit selalu dinilai luar biasa. 

Kombinasi Fitbit dan Google memungkinkan pengembangan perangkat wearable yang terintegrasi Android di masa depan. Fokus perusahaan pada pelacakan kebugaran juga bisa diintegrasikan pada aplikasi Google Fit serta menawarkan alternatif yang solid untuk integrasi pelacakan kebugaran ala Apple Watch dengan iPhone.

Di sisi lain, keterampilan software Google dan dukungan pengembang yang luas bisa membantu smartwatch Fitbit, seperti Versa menjadi lebih pintar. Akuisisi ini sendiri buka satu-satunya investasi yang dilakukan Google untuk fokus pada bisnis kebugaran. Januari lalu, Google menghabiskan USD40 juta untuk membeli beberapa teknologi smartwatch dari Fossil.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: