Google ajak gamer bikin gim di dalam sebuah gim

Google baru saja mengumumkan gim berjudul Game Builder. Gim ini memungkinkan pemain untuk membuat gim di dalam gim.

Google ajak gamer bikin gim di dalam sebuah gim Source: Google

Google dilaporkan membuat sebuah gim unik. Gim bernama Game Builder ini akan memungkinkan para pemainnya untuk membuat gim lain. Sederhananya, Google ingin mengajak para pemain untuk membuat gim di dalam gim.

Dilansir dari TheVerge (14/6), sebenarnya Game Builder sudah ada di Steam sejak November tahun lalu. Namun baru kali ini Google membuat publikasi resmi terkait gim tersebut. Para pemain akan diminta membuat gim sederhana dengan tampilan mirip Minecraft.


BACA JUGA

CD Projekt Red pastikan Cyberpunk 2077 akan dukung Ray Tracing

Square Enix tertarik layanan streaming gim

Bener ga main gim pakai gamepad itu pasti autowin?


Awalnya pemain akan disuguhkan dengan tampilan kosong. Selanjutnya pemain Game Builder dapat menambahkan karakter dan pemandangan ke layar. Selanjutnya, perintah yang sudah ditetapkan untuk merangkai bagaimana karakter tersebut akan berinteraksi.

Untuk diketahui, gim ini sebenarnya berasal dari Area 120, inkubator Google untuk proyek-proyek eksperimental. Sebenarnya ada banyak proyek yang berhasil dikembangkan divisi ini. Ada yang akhirnya gagal, namun ada pula yang bertahan dan menjadi produk resmi Google.

Gim ini memiliki mode Co-op. Hal ini memungkinkan beberapa orang untuk membangun sebuah gim sekaligus. Pemain nantinya juga dapat membagikan kreasi gim buatannya kepada pemain lainnya. Di sisi lain, mereka juga dapat melihat kreasi gim buatan pemain lainnya.

Gim ini mungkin kedengarannya sederhana, apalagi para pemainnya tidak memerlukan skill programer untuk dapat memainkannya. Namun gim ini akan menjadi semakin menarik ketika minat pemain mulai tumbuh untuk membuat kreasi gim baru yang menarik. Kebanyakan formula yang digunakan adalah “if this then that”. Pemain juga dimungkinkan untuk membangun interaksinya dengan Java Script jika familiar dengan itu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Google Game