sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Kamis, 28 Mei 2020 17:57 WIB

Gojek perkuat sistem keamanan selama pandemi Covid-19

Dengan penggunaan internet yang meningkat selama pandemi, Gojek hadirkan diskusi agar terhindar dari kejahatan siber.

Gojek perkuat sistem keamanan selama pandemi Covid-19
Source: Gojek

Pada Februari lalu, Gojek menghadirkan kampanye #AmanBersamaGojek sekaligus menggencarkan edukasi pengguna, meningkatkan keandalan sistem teknologi, dan proteksi Jaminan Saldo GoPay Kembali. Kini Gojek juga menyelenggarakan diskusi online bertema “Aman Beraktivitas di Platform Digital Selama Pandemi COVID-19” bersama Centre for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Selama pandemi, data Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebutkan penggunaan internet menunjukkan peningkatan hingga 40%. Akses yang biasanya didominasi dari kawasan perkantoran kini didominasi dari kawasan pemukiman. Sementara, CfDS UGM mencatat kejahatan siber termasuk penipuan rekayasa sosial juga meningkat terutama menyasar pembelanjaan barang medis dan kebutuhan sehari-hari. 

“Pengetahuan yang minim mengenai keamanan daring, memperbesar potensi kejahatan penipuan berteknik memanipulasi psikologis (magis). Teknik ini sifatnya sederhana, tidak perlu meretas sistem namun dampaknya luar biasa. Kami mengamati selama masa pandemi penipuan jenis ini tetap ada dan cenderung meningkat,” kata Adjunct Researcher CfDS, Tony Seno Hartono.

Menurut Tony, teknik manipulasi psikologis menjadi teknik lama yang menyasar pengguna yang kurang waspada dalam bertransaksi daring dan memancing korban untuk memberikan informasi pribadi, seperti nomor rekening, nomor kartu ATM bahkan bisa sampai password, dan nama ibu kandung. Pada umumnya diketahui pelaku menggunakan iming-iming atau mengatasnamakan lembaga resmi dalam teknik ini. 

Selain itu, Gojek menegaskan bahwa keamanan ekosistemnya terus diperkuat. Apalagi selama pandemi Covid-19, Gojek tetap menjadi andalan masyarakat yang berada di rumah, terlihat dari kenaikan transaksi GoPay di layanan GoFood, GoSend dan GoShop serta di luar layanan Gojek seperti e-commerce, gaming hingga donasi digital.

“Sistem kami diamankan dengan Gojek SHIELD, yaitu teknologi keamanan kelas dunia yang menjamin keamanan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek. Gojek SHIELD diaplikasikan di seluruh aplikasi untuk konsumen, merchant dan mitra driver. Penerapan Gojek SHIELD memungkinkan adanya perlindungan keamanan berlapis melalui penerapan verifikasi PIN, dan tidak kalah mutakhir adalah intervensi chat berbasis artificial intelligence, guna mencegah aksi penipuan bermodus manipulasi psikologis," kata Senior Vice President IT Governance, Risk & Compliance, GoPay, Genesha Saputra. 

Melalui inisiatif #AmanBersamaGojek yang didukung oleh Kominfo, GoPay dan Gojek juga secara proaktif mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih waspada dalam aktivitas daring serta memberikan ekstra proteksi keamanan Jaminan Saldo Gopay Kembali untuk menunjang kenyamanan transaksi pengguna di platform daring. 

Share
back to top