sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 10 Feb 2021 15:05 WIB

Gojek bagikan tren bisnis UMKM di 2021

Gojek menemukan beberapa hal menarik yang diprediksikan akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021.

Gojek bagikan tren bisnis UMKM di 2021

Gojek telah meluncurkan serangkaian solusi digital yang memudahkan para pelaku UMKM bermigrasi ke bisnis online sepanjang 2020 lalu. Sepanjang tahun tersebut, Gojek menemukan beberapa hal menarik yang diprediksikan akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021.

Pandemi Covid–19 telah membawa kebiasaan baru yang membuat meningkatnya aktivitas belanja online. Head of Merchant Platform Busines Gojek, Novie Tandjung mengatakan, pandemi Covid–19 menyadarkan banyak orang, termasuk para pelaku UMKM untuk pentingnya membuka usaha di platform digital.

Dalam konfrensi pers yang digelar secara virtual, Novie juga mengatakan, pernah dalam satu hari terdapat 3.000 UMKM yang mendaftar menjadi merchant Gojek. Akan tetapi, masih banyak pengusaha pemula yang perlu dukungan untuk terus mengembangkan usahanya. Sebagai bentuk dukungan yang diberikan kepada UMKM, Gojek membagikan sejumlah temuan menarik berdasarkan data internal pada 2020 yang diprediksi akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021. Beberapa di antara tren tersebut meliputi:

Tren Usaha Kuliner

Tren usaha kuliner rumahan meningkat selama 2020. Ada berbagai menu yang paling banyak dicari pelanggan berdasarkan kata kunci. Paling banyak yang dipesan di Gofood adalah Ayam Goreng dan Kopi Susu selama 2020. Namun, diprediksi pada 2021, Dessert Box dan Rice Bowl akan menjadi terfavorit.

Diskon dan Pemasaran

Pelanggan sangat menyukai diskon. Maka dari itu berikan diskon sebagai strategi pemasaran untuk meraih lebih banyak pelanggan. Lakukan strategi tersebut di sosial media guna memperluas jangkauan pelanggan. Gojek juga sudah menyiapkan fitur GoStore untuk memudahkan pelaku usaha membuka toko online pribadi yang terintegrasi dengan media sosial.

Perbanyak Metode Pembayaran

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat mengurangi adanya kontak fisik yang mendorong gaya hidup konsumen menjadi cashless. Perbanyak metode pembayaran non-tunai karena cara ini juga akan berkembang pada 2021. Selain memiliki banyak kemudahan, hal ini juga akan mendorong banyak pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.

Perluas Kanal Penjualan

Perluas kanal penjualan, baik di ranah online dan offline. Salah satu cara memperluas kanal penjualan adalah dengan menggunakan strategi omni channel. Hal ini akan membuat pelangggan Anda memungkinkan untuk memesan lewat online dan mengambil pesanan secara offline karena tidak ingin menunggu lama.

Share
×
tekid
back to top