sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Senin, 04 Mei 2020 11:00 WIB

Gim Stadia bisa dijalankan dari Google Assistant

Google akhirnya memberikan integrasi Stadia dengan Google Assistant. Dengan begitu, pengguna bisa mengatakan perintah untuk menjalankan gim di platform tersebut.

Gim Stadia bisa dijalankan dari Google Assistant
Source: Google

Google dilaporkan memberikan dukungan Google Assistant untuk platform cloud gaming, Stadia. Dengan dukungan ini, pengguna Stadia akan dapat meluncurkan gim di Stadia hanya dengan memberikan perintah ke Google Assistant

Hal itu pertama kali didapati oleh seorang pengguna Reddit. Ia mengungkapkan dapat membuka gim The Turing Test dengan melakukan pencarian di Chrome OS. Saat mengetik “The Turing test”, Google Chrome akan terbuka dan mengarahkan pengguna ke URL gpp.sandbox.google.com. Tampaknya domain ini merupakan tempat dimana server uji coba internal Google berada. 

Lebih lanjut, pengguna lain juga melaporkan hal yang sama. Dengan memasukkan kueri tertentu, yakni dengan menambahkan kata “game” setelah judul, ia dapat menjalankan gim tertentu. Artinya dengan memasukkan kueri “The Division 2 game”, Google Assistant akan menjalankan gim tersebut di Stadia melalui browser Chrome. 

 

Gim Stadia dapat dijalankan dari Google Assistant (Source: XDA Developers)

 

Dilansir dari XDA Developers (4/5), pengguna juga dapat menjalankan gim tersebut dari smartphone melalui Google Assistant. Baik di Chrome OS atau Android, pengguna dapat menyebut perintah “play (nama gim)” di Google Assistant untuk menjalankan gim tertentu. 

Sebagaimana diketahui, Google sudah memperluas adopsi Stadia ke beberapa smartphone selain Pixel. Bulan lalu, Google mengumumkan kalau Stadia sudah tersedia untuk beberapa smartphone Samsung, Razer dan Asus ROG Phone. Hal ini pun mengakhiri eksklusivitas Stadia di smartphone buatan Google. 

Harus diakui, terlepas dari masih adanya kekurangan di Stadia, integrasi dengan Google Assistant cukup membuktikan bahwa platform ini dapat tampil lebih baik dari kompetitornya. Sampai saat ini, ada beberapa layanan cloud gaming yang tersedia, seperti Microsoft xCloud, atau Nvidia GeForce, namun hanya Google Stadia yang mendukung integrasi dengan asisten suara. 

Sampai saat ini, integrasi itu hanya dapat digunakan untuk menjalankan gim saja. Ke depannya, Google berjanji akan memberikan integrasi yang lebih dalam antara Google Assistant dengan platform gaming-nya. 

Share
×
tekid
back to top