sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Selasa, 24 Nov 2020 18:10 WIB

Gartner: Samsung bertahan, Xiaomi salip Apple di Q3

Laporan ini mengungkapkan bahwa Samsung masih menjadi pemimpin pasar yang diikuti oleh Huawei, tetapi Apple ditikung oleh Xiaomi untuk posisi ketiga.

Gartner: Samsung bertahan, Xiaomi salip Apple di Q3
Source: Gizchina

Dilatarbelakangi musim liburan yang semakin dekat, ada sebuah laporan terbaru mengenai pasar ponsel global yang mengungkapkan beberapa informasi menarik. Terlepas dari dampak awal pandemi virus corona, Xiaomi telah mengalami pertumbuhan yang mengesankan dari tahun ke tahun (YoY) di Q3 2020, sementara Huawei telah menghadapi penurunan yang cukup berat selama periode yang sama.

Pasar ponsel tahunan secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 5,7% dari tahun sebelumnya di 2019. Hal ini menjadikan total pengiriman ponsel turun menjadi 366 juta unit, meskipun masih dapat pemulihan dari paruh pertama tahun ini, sebagaimana dilaporkan oleh Gartner.

Dilansir dari Gizmochina (24/11), alasan utama kemerosotan awal adalah wabah Covid-19, tetapi dampaknya masih bisa ditinggalkan pada kuartal ketiga. Laporan ini mengungkapkan bahwa Samsung masih menjadi pemimpin pasar diikuti oleh Huawei, tetapi Apple ditikung oleh Xiaomi untuk posisi ketiga.

Samsung mengalami pertumbuhan yang tidak terlalu besar dengan persentase 2,2%, sama seperti pada kuartal serupa di 2019. Lonjakan angka yang paling menonjol berasal dari Xiaomi, dengan peningkatan pengiriman ponsel sebesar 34,9%. Pabrikan asal Tiongkok tersebut mengirimkan lebih dari 44 juta unit pada kuartal ini, melebihi 32 juta unit daripada tahun 2019. Perusahaan asal Tiongkok lainnya, OPPO, yang memiliki peringkat 5 produsen ponsel teratas juga mengalami penurunan 2,3%.

Tampaknya penurunan Huawei dikarenakan oleh larangan pemerintah Amerika Serikat. Perusahaan ini menghadapi sanksi yang hadir sejak beberapa bulan lalu, sehingga menyebabkan gangguan pada rantai pasokannya.

“Untuk pertama kalinya tahun ini, penjualan ponsel di tiga dari lima pasar teratas yaitu India, Indonesia, dan Brasil meningkat, masing-masing tumbuh 9,3%, 8,5%, dan 3,3%,” kata Direktur Riset Gartner, Anshul Gupta.

Share
×
tekid
back to top