Gara-gara AS, penjualan Huawei turun 1,9%

Analis meyakini berita negatif terkait produk Huawei akibat larangan Huawei oleh AS menjadi penyebab pengguna menunda pembelian mereka.

Gara-gara AS, penjualan Huawei turun 1,9% (Foto: The Luxury)

Dampak negatif perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China mulai terasa bagi Huawei. Analisis pasar mengungkapkan bahwa pertumbuhan Huawei melambat di kuartal kedua tahun ini. Laporan Kantar, konsultan penelitian data, menyebutkan penjualan Huawei di pasar Eropa turun sebesar 1,9%. Jumlah ini turun dibandingkan dengan kuartal pertama periode Mei-Juni 2019 lalu.

Periode ini merupakan durasi ketika dampak larangan pemerintah AS dirasakan oleh Hauwei. Kendati demikian, Huawei masih berhasil menuai perolehan yang lebih baik secara keseluruhan dibanding dengan kuartal kedua 2018.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei kini jualan motherboard dan prosesor PC Desktop

PM Inggris ketahuan selfie pakai Huawei P20

Huawei Nova 6 5G punya skor kamera selfie terbaik versi DXOMark


Analis meyakini berita negatif terkait produk Huawei akibat larangan perdagangan oleh AS menjadi penyebab pengguna menunda pembelian mereka. Laporan itu juga menambahkan Samsung dan Xiaomi merupakan perusahaan yang paling diuntungkan berkat larangan AS ke Huawei ini.

Meski dampak negatifnya mulai mencuat, Huawei tampaknya akan segera terbebas dari ancaman perang dagang. Pasalnya Departemen Perdagangan AS akan memulai mengeluarkan lisensi ke perusahaan AS untuk melanjutkan bisnisnya dengan Huawei dalam beberapa minggu mendatang.

Di China sendiri yang menjadi wilayah asal Huawei, perusahaan menuai kinerja yang positif. Kombinasi angka penualan Huawei dengan merek turunannya, Honor, memimpin 46,1% pangsa penjualan smartphone di China pada kuartal pertama 2019.

Menariknya Motorola meraih sekitar 8,1% pangsa pasar pada kuartal pertama 2019 di AS berkat kinerja yang baik dari Motorola E5 Play dan Moto G6 Plus yang baru. Smartphone terlaris di AS sendiri diraih iPhone XR yang menjadi iPhone paling murah diantara seri terbaru smartphone Apple.

Smartphone lainnya yang paling laris di AS masih diraih Apple melalui seri iPhone 8 dan iPhone XS Max. Posisi selanjutnya diisi oleh Samsung Galaxy S10 Plus dan S10. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: