sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Rabu, 14 Okt 2020 18:03 WIB

Fungsi Lidar di iPhone 12 Pro dan Pro Max

Lidar berguna untuk memantulkan cahaya dari objek di lingkungan sekitarnya dan mengukur jarak objek tersebut berdasarkan waktu pantul.

Fungsi Lidar di iPhone 12 Pro dan Pro Max

Akhirnya Apple meluncurkan ponsel terbarunya, seri iPhone 12. Seri iPhone ini terdiri dari 4 perangkat yang terdiri dari iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Salah satu perbedaan antara iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max jika dibandingkan dengan seri iPhone 12 lain terletak di sektor kamera.

iPhone 12 Pro dan Pro Max dilengkapi dengan 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera lensa lebar 12 MP, kamera lensa ultra lebar (120 derajat) 12 MP, dan terakhir kamera adalah kamera telefoto beresolusi 12 MP. Tidak berhenti di situ, kedua seri iPhone tersebut juga diperkuat sensor Lidar di bagian belakangnya.

Sebenarnya, Apple iPhone 12 Pro dan Pro Max bukan varian pertama yang menerapkan sensor Lidar. Apple sudah menerapkan Lidar di iPad Pro 12,9 inci yang meluncur pada Maret 2020.

Dilansir dari Engadget (14/10), teknologi Lidar (Light Detection and Raging) berguna untuk memantulkan cahaya dari objek di lingkungan sekitarnya dan mengukur jarak objek tersebut berdasarkan waktu yang dibutuhkan cahaya untuk memantulkannya kembali. Fungsi ini sangat mirip dengan radar tetapi menggunakan laser, bukan gelombang radio.

Mungkin kamu sudah mendengar mengenai sensor time-of-flight (ToF) yang terdapat pada banyak ponsel Android yang bermanfaat untuk mendeteksi kedalaman lingkungan sekitar dan menghasilkan efek bokeh layaknya memotret menggunakan kamera dengan focal-length panjang dan aperture besar.

Sensor Lidar pada iPhone 12 Pro dan Pro Max digunakan untuk menciptakan efek bokeh. Namun, sistem Lidar pada kedua ponsel tersebut lebih mutakhir daripada sensor ToF. Dilansir dari Techradar (14/20), Lidar pada iPhone mampu memindai dengan cepat seluruh objek di lingkungannya.

Sementara sistem ToF mengeluarkan satu cahaya inframerah untuk membuat peta 3D, teknologi Lidar menggunakan serangkaian sinar laser di berbagai bagian lingkungan pemandangan dalam waktu singkat. Cara ini dapat menghasilkan dua manfaat utama, jangkauan yang lebih jauh hingga 5 meter dan pendeteksian objek yang lebih baik.

Berkat teknologi Lidar, iPhone 12 Pro dan Pro Max mampu mengukur jarak subjek dan menentukan fokus yang jauh lebih cepat. Selain itu, Lidar juga berguna untuk keperluan Augmented Reality (AR) di kedua ponsel besutan Apple ini.

Perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan pengalaman AR dengan memungkinkan aplikasi agar lebih cepat melihat dan mengenali ruangan di sekitarnya. Dengan melakukan hal itu, aplikasi akan memahami lingkungannya lebih baik sehingga dapat lebih akurat mengintegrasikan konstruksi digitalnya ke dalam pandangan pengguna.

Artinya, hadirnya Lidar di iPhone 12 Pro dan Pro Max akan meningkatkan jumlah aplikasi yang menggunakan teknologi ini secara besar-besaran. Hal ini bisa bisa dikatakan merupakan keunggulan tersendiri bagi kamera iPhone.

Apple mengklaim bahwa sensor Lidar pada ponsel kelas atasnya memiliki performa autofocus 6 kali lebih cepat dalam keadaan minim cahaya jika dibandingkan dengan kamera biasa. Selain itu, sensor Lidar memungkinkan ponsel mengambil foto mode Portrait yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup. Tentu saja teknologi ini juga akan menjanjikan efek bokeh yang lebih realistis pada iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Share
×
tekid
back to top