Fungsi deteksi jatuh Apple Watch, selamatkan pengguna di Norwegia

Selain EKG, Apple Watch Series 4 juga memiliki fungsi pendeteksi jatuh yang akan secara otomatis menghubungi petugas darurat.

Fungsi deteksi jatuh Apple Watch, selamatkan pengguna di Norwegia (Foto: Slashgear)

Apple Watch berkali-kali menjadi penyelamat bagi penggunanya dari ancaman kematian. Sejauh ini, fungsi EKG di Apple Watch kerap menjadi fitur yang memiliki peran penting dalam memberikan peringatan kepada pengguna. Namun selain EKG, Apple Watch Series 4 juga memiliki fungsi pendeteksi jatuh. 

Fitur itulah yang kini berperan penting dalam kisah pengguna di Norwegia yang berhasil selamat dari ancaman kematian. Dilansir 9to5mac (6/2), Toralv Østvang yang berusia 67 tahun ditemukan berdarah dan tak sadarkan diri. Pria itu ditemukan di kamar mandi oleh petugas darurat setempat.


BACA JUGA

Apple Watch Series 5 bakal pakai OLED, meluncur September mendatang

iPhone XS dan XS Max terancam digugat soal teknologi kamera

iPhone 11 akan gunakan panel OLED seperti Galaxy Note 10


Manurut situs NRK, Østvang jatuh di kamar mandi sembari mengenakan Apple Watch. Berkat perangkat itu, dia bisa menghubungi otoritas darurat secara otomatis. Putri Østvang mengatakan ayahnya kemungkinan pergi ke kamar mandi di tengah malam, namun kemudian pingsan dan jatuh ke lantai. Østvang pun mengalami patah tiga tulang wajah.

Apple Watch Series 4 selamatkan pengguna

"Itu bisa menjadi lebih buruk. Sepanjang pagi kami bertanya 'Apa yang terjadi jika dia tidak memakai jam tangan pintar?' Dia tidak bisa membawa ponselnya ke kamar mandi. Luar biasa dia mendapat bantuan cepat melalui alarm, hingga polisi menemukannya. Jatuhnya itu serius, mungkin (perangkat) itu menyelamatkan hidupnya," katanya.

Dia juga mengatakan, ayahnya tak pernah mempertimbangkan untuk memiliki sistem peringatan lain. Deteksi jatuh pada Apple Watch sendiri bisa melacak ketika pengguna terjatuh dan kemudian bertanya apakah penggunanya baik-baik saja. Jika penggunanya tak merespon selama satu menit, maka Apple Watch akan otomatis memanggil layanan darurat dan membagikan lokasi penggunanya. Praktik inilah yang tampaknya terjadi pada Østvang.

Ini memang bukan kali pertama fungsi pendeteksi jatuh dilaporkan menyelamatkan pengguna Apple Watch. Sebelumnya seorang pengguna di Swedia telah memanggil otoritas darurat ketika dia mengalami cedera punggung dan jatuh ke lantai.

Fungsi deteksi jatuh pada Apple Watch akan aktif secara otomatis bagi pengguna berusia 65 tahun ke atas. Untuk mengaktifkannya secara manual, Anda bisa masuk ke aplikasi Watch di iPhone, pilih "Emergency SOS", kemudian aktifkan opsi deteksi jatuh.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: