Fundo bikin YouTuber patok harga untuk meet and greet

Google baru saja menguji coba layanan baru bernama Fundo. Melalui layanan ini, YouTuber bisa mengatur pertemuan dengan para penggemarnya dengan harga tertentu.

Fundo bikin YouTuber patok harga untuk meet and greet Source: Google

Google dilaporkan sedang menguji coba event yang berfokus pada layanan crowdfunding untuk para konten kreator di platform YouTube. Event itu bernama Fundo. Fundo memungkinkan YouTuber untuk mengatur pertemuan online dengan para penggemarnya. Para penggemar nantinya akan membayar sejumlah uang untuk dapat mengikuti pertemuan dengan sang idola. 

Dilansir dari Variety (17/8), beberapa YouTuber di berbagai belahan dunia kabarnya sudah mulai menggunakan cara ini. Misalnya, Jessi Vee, seorang vloger di YouTube. Ia menggunakan Fundo untuk mengatur pertemuan dengan para fans nya. Seorang YouTuber lain asal Meksiko, Key Rique juga melakukan hal serupa. Ia mematok harga USD4 sementara KreekCraft mematok harga USD10 per tiket bagi para fans yang ingin menghadiri pertemuan online dengannya. YouTuber lain, Hannah Forcier bahkan mematok ongkos USD40 untuk percakapan empat mata dan tiga foto bersama. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Soal verifikasi, CEO YouTube angkat bicara

YouTube hadirkan persyaratan baru untuk verifikasi channel

YouTube gelar FanFest Showcase di empat kota


Fundo sebenarnya merupakan produk dari Area 120. Ini merupakan sebuah inkubator internal yang dibuat oleh Google. Melalui Area 120, para karyawan bebas memberikan ide mereka untuk fitur dan model bisnis baru yang dijalankan Google. Jika ide tersebut disetuujui, Google akan mengijinkan karyawan yang bersangkutan untuk menghabiskan sebagian waktunya guna mengurus proyek sampingan tersebut. 

Sayangnya, belum diketahui seberapa luas cakupan Fundo. Belum diketahui juga kapan kreator lain bisa menggunakan layanan ini. Walaupun begitu, setidaknya Google berhasil mengamankan trademark Fundo untuk dirinya sendiri. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: