sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 17 Jul 2021 13:29 WIB

Fujifilm GFX50S Mark II bakal hadir September dengan IBIS

Dengan harga USD4.000, ini akan lebih lebih jika dibandingkan dengan beberapa kamera full-frame seperti Sony Alpha 1.

Fujifilm GFX50S Mark II bakal hadir September dengan IBIS
Ilustrasi: Michael Erhardsson from Pexels

Ada informasi terbaru yang menunjukkan bahwa kamera medium format Fujifilm berikutnya akan diumumkan pada September ini. Diberi nama GFX50S Mark II, mirrorless ini diperkirakan bakal terlihat identik dengan GFX100S dan dihargai USD4.000 (Rp56 juta).

Publikasi ini diperkirakan cukup akurat, sebagaimana laporan dari FujiRumors. Kamera mirrorless ini akan mulai dikirimkan pada September 2021. Sebagai catatan, publikasi tersebut percaya bahwa meskipun rumor menyatakan kamera akan diumumkan pada 27 Agustus, Fujirumors tidak percaya hal itu akan terjadi.

Dilansir dari PetaPixel (17/7), Fujifilm GFX50S Mark II diperkirakan memiliki stabilisasi dalam bodi (IBIS). Seperti namanya, sensor di dalamnya akan diperkuat dengan resolusi 50 MP yang cukup tinggi. Dengan harga USD4.000, maka ini akan lebih jika dibandingkan dengan beberapa kamera full-frame seperti Sony Alpha 1 yang juga memiliki resolusi 50 MP. Harga Fujifilm mendatang ini akan sebanding dengan Canon EOS R5.

Meskipun kegunaannya pasti akan berbeda jika dibandingkan dengan kamera buatan Sony dan Canon tersebut, ukuran sensor yang lebih besar pada GFX50S Mark II akan sulit dibandingkan dengan kamera full-frame.

Kamera GFX50S versi awal diumumkan lima tahun lalu pada 2016, dan tersedia pada tahun berikutnya. Kala itu Fujifilm menyebutnya sebagai sensor format Fujifilm G yang berukuran 43,8 x 32,9 mm serta menawarkan resolusi 51,4 MP.

“Ini adalah kamera lanskap yang fantastis, tetapi bukan hanya kamera khusus lanskap. Ini bagus untuk hal-hal lain seperti potret. Ini sama serbagunanya dengan kamera lainnya”, kata Kai Wong dalam ulasannya.

GFX50S masih dijual dengan harga USD5.500 (Rp80 juta), yang lebih mahal USD1.500 (Rp22 juta) dari harga kamera GFX50S Mark II mendatang. Dan jika IBIS memang benar akan hadir, maka kamera mendatang ini sangat dapat diandalkan.

Share
×
tekid
back to top