sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Jumat, 27 Nov 2020 15:41 WIB

Fujifilm GFX 100 sudah bisa ambil gambar 400 MP

Akurasi dan resolusi warna yang tinggi menjadikannya pilihan yang cocok untuk pengarsipan digital dan pelestarian seni.

Fujifilm GFX 100 sudah bisa ambil gambar 400 MP

Baru-baru ini Fujifilm mengumumkan pembaruan firmware untuk kamera GFX 100 yang menambahkan fungsi Pixel Shift dan Multi-Shot. Ini bekerja bersama software Pixel Shift Combiner baru dari Fujifilm untuk menggabungkan 16 foto Raw menjadi satu gambar Raw beresolusi 400 MP.

Mode pemotretan gambar 400 MP dalam firmware versi 3.00 menggabungkan kemampuan sensor 102 MP GFX 100, stabilisasi gambar dalam bodi (IBIS), dan X Processor empat di dalamnya. Dilansir dari DP Review (27/11), untuk mencapai tingkat resolusi ini, GFX 100 pertama-tama akan memotret gambar standar, sebelum menggeser sensor satu piksel ke kiri, kanan, dan bawah untuk total 4 gambar. Kemudian kamera ini akan mengulangi proses tersebut dengan masing-masing dari empat gambar untuk total 16 foto Raw.

Metode ini memastikan setiap piksel merekam data gambar dalam warna merah, hijau dan biru, yang membantu meningkatkan akurasi reproduksi warna. Agar bisa mendapatkan hasil akhir, pengguna harus mengandalkan software Pixel Shift Combiner dari Fujifilm, yang secara otomatis akan menggabungkan semua 16 gambar Raw menjadi satu gambar Raw (DNG) beresolusi 400 MP. Ini adalah pendekatan yang mirip dengan mode Shift Multi-Shooting, yang juga membutuhkan software.

Akurasi dan resolusi warna yang tinggi menjadikannya pilihan yang cocok untuk pengarsipan digital dan pelestarian seni. Ini juga berguna untuk para fotografer komersial yang membutuhkan resolusi tinggi dan akurasi.

Firmware versi 3.00 untuk Fujifilm GFX 100 juga menghadirkan beberapa perubahan kecil. Kini, saat memberi rating yang diambil dalam mode JPEG + Raw, file JPEG dan Raw akan mempertahankan rating tersebut. Performa Eye AF juga telah ditingkatkan dan sejumlah kesalahan (bug) yang ada juga telah diatasi.

Share
×
tekid
back to top