Ford andalkan VR untuk mendesain mobil

Ketimbang menggambar di selembar kertas, atau membuat sketsa menggunakan software CAD, para desainer Ford mulai menggunakan headset dan kontroler VR.

Ford andalkan VR untuk mendesain mobil

Ford mengandalkan teknologi virtual reality (VR) demi menghilangkan jarak antara studio desainnya di Amerika Utara, Asia dan Eropa. Perangkat Co-Creation yang mereka buat bersama dengan Gravity Sketch memungkinkan para insinyur bekerja pada proyek yang sama, bahkan meski terpisah ribuan kilometer.

Dilansir dari Digital Trends (6/5)), VR adalah bagian dari upaya Ford untuk mempersingkat proses desain dan pengembangannya, serta menggambarkan tren yang sedang berlangsung di industri otomotif.


BACA JUGA

Startup perintis VR Leap Motion tolak Apple

Google tutup platform Jump VR

ARM bisa jadikan perangkat VR lebih nyaman digunakan


Ketimbang menggambar di selembar kertas, atau membuat sketsa menggunakan software CAD, para desainer Ford mulai menggunakan headset dan kontroler VR untuk menyalurkan idenya. Secara signifikan, alat kreasi bersama ini memungkinkan Ford melangkahi desain 2D ketika ingin menghemat waktu, dan langsung ke desain 3D.

Desainer dapat menggunakan teknologi untuk mentransfer ide virtual. Misalnya, jika seorang desainer lebih suka mobil mendatang (seperti Bronco baru) dengan kisi-kisi yang lebih tegak, maka ia dapat mengirim ke kolega yang memakai VR dengan file berisi contoh desain.

Sistem Co-Creation juga memungkinkan para desainer di berbagai benua untuk bekerja bersama dalam proyek yang sama tanpa harus berada di ruang yang sama. Fungsionalitas ini penting, karena sering mengembangkan mobil yang sama untuk setiap pasar global, dan pengendara di berbagai negara terkadang memiliki preferensi yang sangat berbeda dalam hal desain. Apa yang dijual di Amerika mungkin terlihat sangat luas di Eropa, sehingga VR membantu masing-masing studio desain menemukan landasan bersama di awal proses pengembangan mobil.

Meski demikian teknologi Gravity Sketch tidak sepenuhnya menggantikan proses desain konvensional. Namun mempercepat ketika dibutuhkan, dan membuatnya lebih efisien.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: