sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Kamis, 16 Apr 2020 10:07 WIB

Fitur WhatsApp yang bisa dioptimalkan saat karantina

Berikut beberapa fitur berguna WhatsApp yang bisa Anda gunakan untuk menunjang saat bekerja dan belajar dari rumah.

Fitur WhatsApp yang bisa dioptimalkan saat karantina
Source: Business Insider

Beberapa minggu ini masyarakat Indonesia menjalankan aktivitas dari rumah guna memutus mata rantai pandemi Covid-19. Masyarakat mulai terbiasa untuk menerapkan cara baru dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, keluarga, dan orang-orang terdekat.

Perubahan situasi yang terjadi juga membuat WhatsApp semakin diandalkan dalam menghapus jarak dan membangun kedekatan antar sesama untuk saling memberikan dukungan, berkolaborasi, dan tetap terhubung agar hubungan profesional dan pribadi tetap terjaga baik. 

Berikut fitur berguna WhatsApp yang bisa Anda gunakan.

- Menandai pesan dengan dengan fitur "bintang"

Anda bisa menandai pesan-pesan penting yang Anda kirimkan di grup maupun di ruang chat, sehingga dapat dengan mudah untuk menemukannya kembali di kemudian hari. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengetuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri bintang, kemudian ketuk Bintang. Sedangkan untuk menemukan pesan-pesan berbintang tersebut, dengan mengetuk “opsi lainnya” yang berbentuk tiga titik di kanan layar handphone Anda, kemudian ketuk Pesan berbintang.

- Sesuaikan notifikasi Anda, bisukan bila perlu

Agar bisa fokus saat melakukan video call, Anda dapat menyesuaikan notifikasi, sehingga Anda bisa mengetahui notifikasi mana yang berasal dari bos, kolega, atau grup WhatsApp kantor Anda. Untuk mengustomisasi notifikasi, pertama buka chat yang ingin Anda sesuaikan, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, ketuk Notifikasi khusus dan kemudian centang Gunakan notifikasi khusus. 

Jika Anda membutuhkan konsentrasi dan fokus saat bekerja, Anda juga dapat membisukan notifikasi dengan membuka chat individual atau grup, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, dan ketuk Bisukan notifikasi. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.

- Sematkan chat

Fitur sematkan chat memungkinkan Anda untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat. Anda tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja Anda di antara tumpukan chat-chat lainnya. Untuk pengguna iPhone, gesek ke kanan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan. Sedangkan untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan chat.

- Seluruh pesan Anda aman

Anda tidak perlu ragu untuk saling berkirim dokumen di WhatsApp karena pesan Anda terenkripsi secara end-to-end, sehingga pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Jadi hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca pesan yang telah dikirim, dan tidak ada orang lain, bahkan WhatsApp. 

Share
×
img
×
tekid
back to top