sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 31 Des 2021 13:37 WIB

Fitur wajib yang harus kamu ketahui di OPPO A95

Fitur terbaru dari OPPO A95 dengan ColorOS 11 ini dapat dinikmati oleh semua kalangan agar penggunaan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Fitur wajib yang harus kamu ketahui di OPPO A95

OPPO resmi meluncurkan ponsel OPPO A95 ke pasar Indonesia pada tanggal 18 November 2021. Hadir ke segmen kelas menengah, perangkat tersebut menampilkan desain premium, namun tetap memenuhi kebutuhan digital konsumen OPPO di Indonesia dengan fitur-fitur yang dibawanya.

OPPO A95 memiliki baterai sebesar 5000 mAh yang dapat mendukung aktivitas pengguna sehari-hari. Menariknya, OPPO A95 hadir dengan bobot ringan sehingga nyaman digenggam satu tangan. Tak hanya itu, perangkat yang dibanderol dengan harga Rp3.999.000 tersebut hadir dengan Color OS 11 dengan basis Android 11.

Pada ColorOS 11 OPPO menyajikan banyak fitur baru dan menarik yang pastinya sangat bermanfaat untuk digunakan para pengguna ponsel OPPO. Fitur terbaru dari OPPO A95 dengan ColorOS 11 ini dapat dinikmati oleh semua kalangan agar penggunaan sehari-hari menjadi mudah. Berikut adalah fitur OPPO A95 yang wajib kamu ketahui.

Smart Sidebar

Jika kamu salah satu pengguna yang sering melakukan multitasking atau akses-akses cepat ke aplikasi tertentu, maka fitur Smart Sidebar wajib kamu gunakan. Ketika memiliki kumpulan aplikasi yang cukup beragam pada ponsel, tentu memberikan tantangan tersendiri saat ingin menggunakannya.

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja, tanpa harus mengobok-obok kumpulan aplikasi di ponsel. Misalnya aplikasi kalkulator, yang seringkali ditanyakan saat hitung-hitungan kala makan siang. Cukup geser ke kiri, maka kamu bisa mengakses dengan cepat beberapa aplikasi yang sudah didaftarkan di sana.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut. Cukup buka Pengaturan > Kepraktisan Pintar > aktifkan Smart Sidebar. Setelah diaktifkan, kamu akan melihat garis vertikal putih di sisi kanan ponsel. Geser ke kiri dan Smart Sidebar akan muncul. Kamu dapat menambahkan hingga 18 aplikasi yang ada di ponsel.

Icon pull-down gesture

Kamu juga dapat mengakses ikon aplikasi di layar besar ponsel OPPO A95 dengan fitur Icon pull-down gesture (gerakan tarik turun ikon). Mode ini memungkinkan kamu menekan ikon yang tidak terjangkau oleh jari saat mengoperasikan ponsel menggunakan satu tangan. Dengan demikian, kamu dapat menjangkau aplikasi-aplikasi yang ada di deretan atas tanpa harus memegang ponsel denagn dua tangan.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah pergi ke Settings > Home screen & Lock Screen Magazine > Icon Pull-Down Gesture > aktifkan ‘Icon Pull-Down gesture.

Untuk menggunakan fitur ini, letakkan ibu jari di sisi bawah layar kemudian arahkan ke arah tengah atas layar, maka kumpulan aplikasi pada layar tersebut akan dikumpulkan dan mendekati ibu jari sehingga lebih mudah digapai.

App Lock

Sesuai namanya, kamu dapat mengunci aplikasi-aplikasi tertentu di dalam OPPO A95 seperti aplikasi perbankan, sosial media, foto, kumpulan file, dan masih banyak lagi. Dengan ini, kamu tidak perlu khawatir ketika ponsel akan dipinjam oleh teman.

Meskipun aplikasi terkunci berkat fitur App Lock, kamu dapat membukanya dengan mudah. Pasalnya, fungsi ini mendukung password, sidik jari, atau Face Unlock. Oleh karena itu, aplikasi yang terkunci akan sulit dibuka oleh orang lain dan tetap mudah diakses olehmu. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup membuka Settings pada OPPO A95. Kemudian pilih ‘App Lock’, selanjutnya kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci.

Split Screen

Dengan mode Split Screen, kamu dapat menjalankan dan melihat dua jendela atau aplikasi secara bersamaan di OPPO A95, ini juga bisa dibilang multitasking. Dalam beberapa kasus, ini merupakan dorongan besar untuk produktivitas dan kenyamanan.

Layar OPPO A95 adalah 6,43 inci. Dengan layar besarnya, kamu dapat memanfaatkan ruang visual untuk menampilkan dua aplikasi sekaligus. Misalnya, saat tengah menonton seminar di YouTube Live, namun kamu perlu mencatat poin-poin pentingnya, maka kamu bisa menggunakan fitur Split Screen ini.

Cara menggunakan Split Screen adalah, saat membuka aplikasi pertama, tekan dan tahan tombol Recent Apps di bawah kiri layar. Setelah itu, akan hadir garis pembagi di tengah tengah layar dengan orientasi horizontal. Setelah itu, pilihlah aplikasi kedua yang ingin kamu tampilkan secara bersamaan dengan aplikasi pertama.

Screen Recording

Fitur Screen Recording atau Rekaman Layar pada OPPO A95 memungkinkan kamu untuk merekam kegiatan yang kamu lakukan pada layar ponsel. Ini berarti kamu juga dapat merekam proses selama bermain gim favorit dan mengunggahnya ke YouTube atau media sosial populer lainnya. Kamu juga dapat mengatur kualitas dan mengaktifkan mikrofon saat melakukan rekaman layar.

Selain merekam layar saat bermain gim, fitur tersebut juga berguna untuk menyimpan video streaming online atau panggilan konferensi, menunjukkan fungsi baru atau fitur aplikasi baru di ponsel, menjelaskan sebuah proses atau dokumen dalam ponsel, dan masih banyak lagi.

Cara memulai perekaman layar adalah dilakukan dengan menggeser ke bawah pada layar ponsel untuk membuka Pusat Kontrol. Setelahnya, kamu dapat memilih ‘Perekaman Layar’ dan akan muncul alat bantu untuk kamu melakukan rekaman layar.

Itu tadi kumpulan fitur wajib yang harus kamu ketahui guna memberikan pengalaman menggunakan OPPO A95 yang semakin seru. Selamat mencoba.

Editor
Share
×
tekid
back to top