sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 06 Des 2021 16:14 WIB

Fitur Locked Folder Google Photos mulai dirilis ke Android

Locked Folder memungkinkan pengguna menyimpan foto atau video tertentu ke dalam suatu folder yang menggunakan kode sandi atau biometrik.

Fitur Locked Folder Google Photos mulai dirilis ke Android

Fitur Locked Folder di Google Photos yang berfungsi untuk menyimpan kumpulan foto sensitif dan rahasia mulai diluncurkan ke ponsel non-Pixel, menurut laporan Android Police (6/12). September lalu, Google mengatakan fitur ini akan diluncurkan segera ke lebih banyak smartphone.

Locked Folder memungkinkan pengguna menyimpan foto atau video tertentu ke dalam suatu folder yang menggunakan kode sandi atau biometrik. Foto atau video yang ada dalam Locked Folder tidak akan muncul di feed utama pengguna. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada ponsel Google Pixel, mulai dari Pixel 3 hingga yang lebih tinggi pada Juni lalu, setelah diumumkan pada Mei dalam presentasi Google I/O.

Dilansir dari The Verge, fitur itu tersedia untuk smartphone Android yang menjalankan Androi6 6 ke atas. Cara mengaktifkan fitur ini antara lain lewat aplikasi Photos, kemudian pilih Library > Utilities. Google juga mengatakan fitur tersebut akan datang ke Google Photos versi iOS awal tahun depan.

Perlu dicatat, foto atau video yang tersimpan dalam Locked Folder tidak akan dicadangkan ke cloud. File tersebut akan terhapus apabila pengguna menghapusnya dari perangkat tanpa mencadangkannya. 

Terkait fungsinya, Locked Folder dapat dijadikan tempat rahasia bagi pengguna yang memiliki foto atau video penting yang tidak ingin dilihat orang lain. Misalnya, foto kata sandi suatu akun bagi para pengguna yang mudah lupa atau foto-foto lucu yang tidak ingin dihapus. Menurut Google, Locked Folder dapat menjadi filter ketika orang lain melihat galeri ponsel pengguna.

Share
×
tekid
back to top