sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 21 Feb 2022 15:25 WIB

Sederet fitur kamera canggih Galaxy S22 Series 5G bisa bikin kamu jadi Pro Content Maker

Samsung Galaxy S22 Series 5G hadir dengan deretan fitur kamera canggih yang memanjakan penggunanya untuk menjadi pro content maker. 

Sederet fitur kamera canggih Galaxy S22 Series 5G bisa bikin kamu jadi Pro Content Maker

Di zaman serba digital ini, konten menjadi konsumsi publik yang bisa dibilang paling mendominasi. Tidak hanya usia muda, orang dewasa juga terlihat masih menggemari konten-konten yang beredar. Produsen smartphone raksasa, Samsung tampaknya sadar akan hal ini dan merancang Galaxy S22 Series 5G dengan deretan fitur kamera canggih yang memanjakan penggunanya untuk menjadi pro content maker. 

Sebagaimana disebutkan TM Roh, President and Head of Samsung Electronics MX (Mobile eXperience) Business.dalam Unpacked 2022, perusahaan fokus mendesain perangkat S Series terbaru mereka dengan kemampuan kamera inovatif yang dapat mendukung penggunaan siang maupun malam hari. 

Tidak hanya ditopang dengan resolusi kamera yang tinggi, namun Samsung Galaxy S22 Series 5G juga hadir dengan piksel yang lebih besar, auto frame rate, ISP yang didesain ulang, dan banyak lagi, yang menjadi faktor epiknya kamera Galaxy S22 Series 5G. Lebih lanjut, berikut ini deretan fitur kamera canggih yang hadir di Galaxy S22 Series 5G.

Spesifikasi kamera

Hal pertama yang dilihat konsumen ketika ingin membeli smartphone adalah spesifikasi kameranya. Mereka cenderung mencari tahu lebih dulu resolusi kamera, sebelum beralih ke fitur. Nah, Galaxy S22 5G dan S22+ 5G sendiri memiliki 3 kamera belakang yang terdiri dari 12MP Ultra-Wide camera, 50MP Wide Camera, dan 10MP Telephoto camera dengan 3x optical zoom. 

Kamera belakangnya dilengkapi dengan OIS yang dapat menghindari efek guncangan atau getaran ketika sedang memotret ataupun merekam. Kamera utamanya juga didukung dengan Dual Pixel AF, sehingga dapat menangkap cahaya lebih banyak. Ditambah, dengan kamera selfie 10MP.

Sementara itu, Galaxy S22 Ultra 5G terdiri dari 4 kamera belakang, yaitu 12MP Ultra-Wide camera, 108MP Wide camera, 10MP Telephoto camera dengan 3x optical zoom, dan 10MP Telephoto camera dengan 10x optical zoom. Model Ultra juga dilengkapi Dual Pixel AF yang dapat membuat pencahayaan foto malam lebih baik lagi, disertai kamera depan beresolusi 40MP. 

Larger pixel 

Galaxy S22 Series 5G mengusung tema kamera Nightography yang memungkinkan gambar malam atau minim cahaya terlihat lebih terang. Fitur ini hadir berkat piksel kamera yang diperbesar dari pendahulunya. 

Galaxy S21 dan S21+ sebelumnya memiliki besaran piksel 1.8 mikrometer. Kini, penerusnya memiliki piksel yang lebih besar yakni 2.0 mikrometer, bahkan varian Ultra membawa piksel yang lebih besar lagi yakni 2.4 mikrometer. Piksel yang lebih besar ini memungkinkan kamera menangkap cahaya lebih banyak, sehingga akan sangat membantu ketika memotret di kondisi minim cahaya atau malam hari, menghindari noise yang kerap muncul di foto-foto malam.

Auto frame rate

Perlu diketahui, besar kecilnya frame rate memengaruhi bagaimana sebuah video terlihat oleh mata. Satuan frame rate adalah fps, semakin besar angkanya, maka semakin cepat fps-nya, sedangkan semakin kecil angkanya, maka fps semakin lambat dan ini memengaruhi baik buruknya video berjalan. Namun kembali lagi, itu semua tergantung sebanyak apa gerakan dalam video dan cahaya di dalamnya. 

Untuk itu, merekam menggunakan Galaxy S22 Series 5G tidak perlu khawatir fps terlalu cepat atau lambat, berkat hadirnya fitur Auto frame rate. Fitur ini memungkinkan kecepatan fps beralih ke kecepatan optimal secara otomatis dengan mendeteksi pencahayaan dalam gambar, sehingga menghindari hasil video yang blur meskipun pencahayaan menurun.

Redesigned ISP

Berkat chipset baru Snapdragon 8 Gen 1, Samsung Galaxy S22 Series 5G membawa peningkatan dalam kinerja ISP yang diperbarui. ISP yang baru ini meningkatkan performa NPU 133% dan GPU 40%, sehingga dapat menghasilkan gambar anti blur dan jelas meskipun di kondisi minim cahaya. 

Proses ini menggunakan proses multi-frame yang dapat menangkap hingga 20 frame dalam satu jepretan, membuang frame yang terdeteksi noise dan blur, dan menggabungkan sisa frame menjadi satu buah gambar dengan hasil paling optimal. Proses selanjutnya menggunakan algoritma AI-powered ISP yang dapat meningkatkan bentuk, warna, hingga detail dari gambar aslinya.

Authentic portrait

Foto portrait menjadi fitur andalan bagi anak muda yang suka membagikan foto potret langsung ke media sosial. Dengan mode Portrait yang ada di Galaxy S22 Series 5G, Anda tidak perlu lagi memoles foto sebelum diunggah ke akun medsos. Sebab, mode ini dilengkapi AI Stereo Depth Map yang menggunakan teknologi pembelajaran mendalam untuk menyoroti detail terbaik dan menciptakan efek fokus lembut yang membuat objek menonjol. Dengan demikian, objek dan latar belakang dapat dengan mudah dibedakan dan detail semakin terlihat jelas, khususnya untuk foto di siang hari.

Di malam hari pun tidak perlu khawatir, karena mode Portrait juga turut didukung mode malam dengan mengklik ikon bulan yang ada di bagian menu bawah. Portrait Mode juga menawarkan pilihan efek latar belakang sehingga membuat hasil foto lebih dramatis lagi. 

Hybrid optic

Hadirnya varian Ultra memang memberikan fitur-fitur yang lebih unggul. Jika varian lainnya hanya hadir dengan 1 kamera dan 3x optical zoom, tidak tanggung-tanggung Galaxy S22 Ultra 5G menghadirkan Dual Tele Zoom yang menghasilkan 3x hingga 10x optical zoom untuk membawa Anda lebih dekat ke objek yang difoto. 

Tidak hanya itu, fitur Super Resolution dilengkapi hybrid optic, yang menggabungkan 10x optical zoom dan 10x digital zoom, sehingga menjangkau teknologi zoom hingga 100x tanpa mengurangi kualitas gambar. Samsung menyebut teknologi ini sebagai 100x Space Zoom.

Auto framing

Samsung memperbarui fitur Auto framing yang ada di Galaxy S22 Series 5G. Ini memungkinkan kamera mendeteksi dan melacak hingga 10 orang dalam setiap video dan secara otomatis menyesuaikan fokus kamera. Dengan demikian, video vlog Anda bersama teman atau keluarga dapat terlihat dengan jelas dan fokusnya rata ke orang-orang yang ada dalam frame. 

Oh iya, Auto framing ini juga didukung di aplikasi Google Duo, Meta Messenger, Google Meet, Microsoft Teams, Cisco Webex Meet, dan Zoom. Jadi, jika Anda melakukan video konferensi dengan lebih dari dua orang di dalam frame, setiap wajah akan terdeteksi dan terlihat jelas.

Itu dia deretan fitur kamera canggih yang ada di Galaxy S22 Series 5G, semua fitur tersebut disiapkan untuk mempermudah pengguna untuk membuat konten bertaraf profesional.

Harga dan ketersediaan

Galaxy S22 5G dan S22+ 5G dengan pilihan warna Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold, dapat dipre-order sampai 3 Maret 2022 di www.samsung.com/id. Berikut detail harga untuk Galaxy S22 5G dan S22+ 5G:

  • Galaxy S22 5G (8GB/128GB) : Rp11.999.000
  • Galaxy S22 5G (8GB/126GB) : Rp12.999.000
  • Galaxy S22+ 5G (8GB/128GB) : Rp14.999.000
  • Galaxy S22+ 5G (8GB/256GB) : Rp15.999.000 

Sedangkan Galaxy S22 Ultra 5G tersedia dalam varian warna Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy, berikut detail harga Galaxy S22 Ultra 5G:

  • Galaxy S22 Ultra 5G (8GB/12GB) : Rp17.999.000
  • Galaxy S22 Ultra 5G (12GB/256GB) : Rp18.999.000
  • Galaxy S22 Ultra 5G (12GB/512GB) : Rp20.999.000

Selama periode pre-order, konsumen bisa mendapatkan berbagai penawaran senilai Rp4.847.000 dengan rincian berikut ini:

  • E-Voucher Samsung.com hingga Rp1.500.000
  • Samsung Care+ selama 1 tahun
  • Phone case eksklusif
  • Cashback bank hingga Rp1.000.000
  • Cicilan 0% hingga 24 bulan

Informasi lebih lanjut tentang Galaxy S22 Series 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id.

Editor
Share
×
tekid
back to top