sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Senin, 30 Jan 2023 09:42 WIB

Fitur Emergency SOS iPhone 14 selamatkan dua wanita di Kanada

Dua wanita di Kanada yang terlibat kecelakaan berhasil ditemukan berkat fitur Emergency SOS melalui satelit di iPhone 14.

Fitur Emergency SOS iPhone 14 selamatkan dua wanita di Kanada
Source: 9to5Mac

Emergency SOS Apple via satelit telah tersedia sejak diluncurkannya seri iPhone 14. Fitur ini diharapkan menjadi fitur yang dapat merubah masa depan para pengguna, terutama mereka yang berada dalam kondisi emergency di lokasi yang tidak terjangkau oleh sinyal HP untuk tetap dapat memanggil bala bantuan.

Baru-baru ini, ada sebuah kisah penyelamatan dramatis menggunakan fitur yang satu ini. Cerita tersebut dimulai dari hilangnya dua wanita di wilayah Kanada. Dalam keadaan yang cukup genting, mereka berhasil memanggil bantuan menggunakan teknologi Emergency SOS pada perangkat iPhone mereka.

Dilansir dari Gizmochina (30/1), dua wanita tersebut sedang perjalanan pulang setelah mengunjungi Alberta ketika mereka tersesat di dekat McBride, sebuah desa kecil di British Columbia, Kanada. Sayangnya, ketika mencoba mencari jalan pulang, mereka mengalami kecelakaan mobil dan terdampar di daerah tanpa sinyal telepon seluler.

Mereka berhasil menempuh jarak sekitar 20 kilometer sebelum menabrak “dinding salju”, yang menunjukkan di mana mobil telah berhenti, dan macet. Kedua wanita tersebut berada di dalam situasi yang agak putus asa. Untungnya salh satu wanita ini memiliki iPhone 14 dan berpikir untuk menggunakan Emergency SOS baru melalui fitur satelit. Menggunakan ponsel tersebut, mereka dapat mengirim pesan dan lokasi mereka ke call center Apple.

Dari sana, call center Apple menghubungi pusat panggilan “Northern900” di Kanada, yang kemudian mengaktifkan panggilan ke layanan darurat. Tim penyelamat menarik kendaraan keluar dari salju dan membantunya berputar dan kembali ke jalan raya. Dwight Yochim, manajer senior British Columbia Search and Rescue mengatakan dia yakin ini adalah “penggunaan pertama” fitur baru tersebut di British Columbia.

“Tidak ada layanan seluler di sana tetapi salah satunya kebetulan memiliki ponsel Apple baru yang memiliki SOS di dalamnya dan mengaktifkan SOS dan setahu saya, itulah penggunaan pertama SOS di British Columbia. Jika mereka tidak memiliki ini, apa yang akan terjadi adalah pada akhirnya keluarga atau teman mereka akan berkata “hei, mereka tidak muncul” sehingga area pencarian akan dimulai dari mana pun mereka terakhir terlihat hingga ke tempat mereka seharusnya, dan jaraknya bisa beberapa ratus kilometer.”

Untuk konteksnya, Yochim memperkirakan bahwa timnya melakukan sekitar 1.700 hingga 1.800 pencarian setahun. Emergency SOS melalui satelit di iPhone 14 dapat mengurangi jumlahnya secara signifikan.

Share
×
tekid
back to top