sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 15 Mar 2022 12:10 WIB

Fitur DirectStorage API hadir di Windows 11

Setelah menunggu 18 bulan, para gamer di platform PC berbasis Windows 11 dan Windows 10 mendapatkan dukungan DirectStorage API.

Fitur DirectStorage API hadir di Windows 11

18 bulan lalu Microsoft mengumumkan kehadiran fitur baru yang akan sangat berguna bagi para gamer. Fitur ini akan mengurangi waktu tunggu para gamer pada saat meluncurkan sebuah gim.

Fitur tersebut adalah DirectStorage API. Pihak Microsoft mengatakan bahwa ini merupakan sebuah kemajuan terpenting yang hadir di Xbox Series X, yang saat ini telah tersedia untuk gamer di PC.

Seperti diketahui, teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengalirkan data dalam jumlah besar dari SSD NVMe dalam kecepatan tinggi ke GPU pengguna. Biasanya, hal ini harus berjalan melalui CPU terlebih dahulu, dan harus dikompres terlebih dahulu.

“Mulai hari ini, gamer di platform Windows dapat menggunakan fitur DirectStorage. Rilis SDK publik ini memulai era baru waktu muat yang cepat dan dunia yang mendetail dalam gim  PC dengan memungkinkan pengembang untuk lebih memanfaatkan kecepatan perangkat penyimpanan terbaru,” kata Microsoft, seperti dikutip dari laman The Verge (15/3).

Fitur ini dikabarkan tidak hanya akan tersedia untuk para gamer di platform PC berbasis Windows 11 saja. Namun, para gamer yang masih menggunakan Windows 10 juga akan mendapatkan fitur yang sama.

Untuk dapat menjalankan fitur ini, pengguna diwajibkan untuk menggunakan SSD NVMe PCIe 4.0, dan tentu saja motherboard yang mendukung fitur tersebut. Dan untuk sementara ini, masih belum ada gim yang mendukung fitur ini.

Share
×
tekid
back to top