sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 14 Jun 2022 17:56 WIB

Fitur baru Google Maps bisa tampilkan biaya tol

Fitur tersedia untuk hampir 2000 jalan tol di AS, India, Jepang, dan Indonesia, baik di Android maupun iOS.

Fitur baru Google Maps bisa tampilkan biaya tol

Google baru saja mengumumkan fitur baru yang hadir untuk aplikasi Android dan iOS, yaitu estimasi harga tol dalam rencana perjalanan menggunakan Google Maps. Untuk diketahui, fitur ini sebelumnya diumumkan perusahaan pada April lalu, dimana estimasi biaya untuk rute jalan yang melalui tol akan muncul.

Menurut Google, harga tol yang ditampilkan akan didasarkan pada “informasi terpercaya dari otoritas tol lokal". Selain itu dilansir dari The Verge (14/6), harga ini akan ditampilkan satu per satu, apabila pengguna melewati beberapa gerbang tol dalam satu rute perjalanan. Sebelumnya, pengguna hanya dapat mengetahui estimasi harga tol secara keseluruhan dalam rute yang dipilih.

Harga tol dapat dilihat dengan mengklik ikon tanda tanya di samping keterangan jarak rute. Ikon ini akan muncul setelah pengguna membuka rute perjalanan ke suatu tempat. Setelah itu, akan ada banyak informasi ketika menu dibuka, termasuk biaya tol. 

Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur dengan mengklik ikon tanda tanya yang sama, kemudian pilih pengaturan di menu tol. Di sana, pengguna dapat mematikan opsi “See toll pass prices” agar informasi biaya tol tidak terlihat.

Sejauh ini, fitur tersedia untuk hampir 2000 jalan tol di AS, India, Jepang, dan Indonesia, baik di Android maupun iOS. Perusahaan mengatakan dukungan ke lebih banyak negara akan segera diwujudkan.

Semetara itu, hadirnya fitur yang dapat menampilkan biaya tol ini sangat penting. Di Indonesia sendiri, pembayaran jalan tol dilakukan secara cashless dan menggunakan uang elektronik. Dengan mengetahui estimasi biaya tol, pengguna dapat menyiapkan saldo di uang elektroniknya agar tidak repot apabila kehabisan ketika sudah sampai pintu tol.

Share
×
tekid
back to top