sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 14 Mar 2023 18:25 WIB

Tak disangka! Film pemenang 7 piala Oscar ini diedit menggunakan iMac lawas

Bermodal dengan iMac tahun 2017 dan Premiere Pro, film Everything Everywhere All at Once berhasil merebut 7 penghargaan Oscar sekaligus.

Tak disangka! Film pemenang 7 piala Oscar ini diedit menggunakan iMac lawas

Academy Awards ke-95 atau Piala Oscar 2023 sukses digelar pada Minggu (12/3) di Dolby Theatre, Los Angeles, waktu setempat. Dalam ajang film tahunan tersebut, film Everything Everywhere All at Once (EEAAO) tersebut berhasil memboyong tujuh piala, termasuk Best Pictures yang dianggap sebagai kategori paling prestise di Piala Oscar.

Film ini juga memenangkan kategori Best Editing. Yang unik adalah, film besutan Daniel Kwan dan Daniel Scheinert tersebut diedit dengan Adobe Premiere menggunakan iMac berusia 5 tahun di tengah keterbatasan saat pandemi COVID-19 melanda dunia.

“Kami mulai lockdown seminggu setelah kami memulai offline, Dam kami harus bekerja remote, kami harus sendirian,” ujar Paul Rogers, editor film EEAAO sebagaimana dikutip dari Inverse (14/3).

Salah satu tantangan yang dihadapi Rogers adalah harus mengasuh anaknya yang masih berusia 3 tahun karena semua tempat penitipan anak tutup. Ia pun harus berbagi tugas dengan istri dalam menjaga anak. Biasanya, Rogers menjaga anak hingga pukul 1 siang, lalu mengedit film sampai pukul 11 malam dengan iMac keluaran 2017 dan menggunakan Adobe Premiere Pro di ruang tamunya.

“Selama tahap edting, setiap adegan merupakan tantangan yang luar biasa. Mereka tidak menyia-nyiakan halaman apapun dalam skrip untuk sesuatu yang tidak menantang dalam satu atau cara lain,” ungkapnya.

Ia mengaku ada beberapa adegan yang cukup sulit untuk diedit. Bagaimana tidak, film bergenre sci-fi ini memiliki perpaduan adegan action, humor visual, slow-motion, sehingga cukup rumit jika hanya diedit dengan Adobe Premiere Pro.

Akibat lockdown, film EEAAO harus diedit dua kali lebih lama dibanding waktu normalnya. Dikutip dari Forbes (14/3), Rogers harus menghabiskan waktu selama 11 bulan untuk mengedit film tersebut. Beruntung, ia memiliki tim yang cukup kolaboratif, sehingga bisa berbagi tugas dengan mudah.

Berkat kerja kerasnya tersebut, film EEAAO pun berhasil memenangkan kategori Best Editing. Film yang diproduksi oleh A24 itu juga memboyong piala dari kategori lain, seperti Best Original Screenplay, Best Director, Best Actrees, Best Supporting Actress, dan Best Supporting Actor.

Tertarik untuk menontonnya, Sahabat Tek? Film EEAAO dapat disaksikan di layanan film berbayar HBO.

Tag
Share
×
tekid
back to top