sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
Jumat, 29 Nov 2019 15:57 WIB

Feri listrik ini punya baterai 56 ton

Energi pengisian ulang Ellen berasal dari turbin angin, yang menghasilkan 130 persen listrik yang dibutuhkan di pulau terdekat.

Feri listrik ini punya baterai 56 ton

Sudah banyak transportasi yang ingin menawarkan pengoperasian tanpa emisi. Baik itu kendaraan darat, laut, dan udara, semuanya ingin menghilangkan emisi. Baru-baru ini ada kapal feri bertenaga listrik bernama Ellen. Dilansir dari Clean Technica (28/11), kendaraan laut ini dapat mengisi daya hingga 4,4 MW serta ukuran baterai 4,3 MWh. Baterai ini setara dengan sekitar 50 baterai Tesla Model S.

Feri ini diproyeksikan akan menghemat 2.000 ton emisi CO2 per tahun. Ellen berada di pulau Ærø Denmark, dengan bobot 750 ton. Ia dapat melakukan pelayaran tanpa emisi sebanyak 5 kali sehari, dengan kemampuan mengangkut sekitar 30 kendaraan dan 200 penumpang. Penduduk pulau telah bekerja dengan cepat untuk menjadi yang terdepan dalam perubahan berkelanjutan.

“Feri kami memiliki tenaga listrik sepenuhnya, jadi tidak ada minyak di kapal agar dapat beroperasi. Selanjutnya, jarak yang kami tempuh yaitu 22 mil laut. ini tujuh kali lipat dari yang ada pada kapal saat ini. Semakin jauh jarak yang ditempuh, maka makin berguna teknologi daya listriknya. Saya rasa di Eropa sekitar 80 persen dari transportasi feri yang dapat dijangkau adalah 22 mil laut,” kata koordinator proyek, Trine Heinemann.

Energi pengisian ulang Ellen berasal dari pemasukan turbin angin, yang menghasilkan 130 persen listrik yang dibutuhkan di pulau tersebut. Di bawah lambung Ellen, ada empat mesin listrik dan 56 ton baterai lithium-ion. Seperti mobil bertenaga listrik, tidak ada generator berbasis minyak cadangan.

“Kami selalu menyimpan sejumlah energi di setiap ruang baterai. Jadi, jika harus mematikan arus listrik dari baterai karena alasan tertentu, akan selalu ada energi yang tersisa untuk berlayar kembali ke pulau atau melakukan semua prosedur darurat,” kata Heinemann. Selain tidak ada suara bising dan emisi saat pengoperasian Ellen juga memiliki motor listrik yang sangat tangguh. Dengan demikian, laju feri ini diklaim mirip dengan speed boat.

Share
back to top