sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Selasa, 14 Jan 2020 08:00 WIB

Fasilitas bedah ini ditenagai panel surya

Dirancang oleh Kliment Halsband Architects, fasilitas ini memanfaatkan teknologi panel surya dan sistem pengumpul air hujan.

Fasilitas bedah ini ditenagai panel surya
Source: Bob Ditty via New Atlas

Di Uganda kini tersedia Surgery Mount Sinai Kyabirwa, sebuah proyek yang memberikan akses kepada penduduk setempat untuk perawatan bedah yang sangat dibutuhkan. Dirancang oleh Kliment Halsband Architects, fasilitas ini memanfaatkan teknologi panel surya dan sistem pengumpul air hujan. Fasilitas ini terletak di Kyabirwa, sebuah desa di dekat khatulistiwa.

Dilansir dari New Atlas (14/1), Kliment Halsband Architects membayangkan proyek ini sebagai purwarupa yang dapat direplikasi untuk daerah minim sumber daya, untuk itu bangunan ini dirancang khusus sehingga mudah dibangun menggunakan bahan dan pekerja lokal.

Situs itu tidak memiliki air yang dapat diminum, listrik yang dapat diandalkan, internet, atau fasilitas sanitasi yang diperlukan sehingga Kliment Halsband Architects harus meningkatkan pekerjaannya. Mereka membangun kanopi yang terbuat dari panel surya. Aliran daya yang tidak terputus tersedia menggunakan kombinasi panel surya, penyimpanan baterai, dan generator di tempat.

Koneksi internet yang andal sangat penting karena digunakan bagi dokter setempat untuk berkonsultasi dengan Mount Sinai Surgery di New York, AS, menggunakan tautan video ruang operasi real-time. Oleh karena itu, kabel bawah tanah sekitar 32 km juga harus dipasang.

Air sumur dan air bersih lainnya yang dapat diperoleh dari kota terdekat disimpan dalam tangki darurat dan disaring serta disterilkan sesuai kebutuhan. Air hujan dikumpulkan dan digunakan untuk pembilasan toilet serta kebutuhan lainnya termasuk perkebunan. Limbah sanitasi cair ditangani oleh sistem septic tank, sedangkan limbah medis dibakar di tempat.

Sebagai langkah tambahan untuk mengurangi kompleksitas proyek dan biaya serta penggunaan energinya, Kliment Halsband Architects hanya memasang peralatan yang dianggap benar-benar diperlukan.

Share
×
img
×
tekid
back to top