Facebook mungkinkan siapa saja buat filter wajah Instagram

Facebook membuka beta publik Spark AR Studio, yang memungkinkan siapa saja membuat filter wajah untuk Stories Instagram.

Facebook mungkinkan siapa saja buat filter wajah Instagram Source: The Verge

Facebook kini telah membuka platform augmented reality Spark AR Studio dalam bentuk beta publik, yang memungkinkan siapa saja membuat filter wajah khusus dan efek lainnya untuk Stories Instagram. Dilansir dari The Verge (13/8), pembaruan ini membuat siapa saja dapat menggunakan Spark AR dan mengunggah filter AR ke Instagram, setelah sebelumnya platform hanya memberikan batasan pengguna.

Sebagai bagian dari perubahan terbaru ini, Instagram juga akan menambahkan tab Effect Gallery pada profil artis agar mereka bisa lebih menunjukkan karyanya kepada publik. Sementara Facebook pertama kali mengumumkan platform Spark AR akan keluar dari versi closed beta di Instagram pada konferensi F8 tahun ini. 

Perusahaan mengatakan terdapat lebih dari 1 miliar orang telah menggunakan efek AR yang dibuat di platform Spark AR, termasuk di Facebook, Instagram, Messenger, dan Portal. Ditambah lagi, Spark AR Studio ini juga telah menambahkan dukungannya untuk Windows pada bulan April. 

Sementara saingan Facebook saat ini Snap, juga meluncurkan layanan serupa yang mereka sebut Lens Studio. Layanan ini meluncur sejak 2018 lalu, yang memungkinkan developer membangun pengalaman augmented reality untuk Snapchat. Kemudian Snapchat memperkenalkan Lens Explorer bagi pengguna untuk menemukan lebih dari 100 ribu fitur di Lens.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: