sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
Selasa, 04 Agst 2020 15:52 WIB

Bantu UKM, Facebook Laju Digital perluas pelatihan secara virtual

Bantu UKM bangkit di masa pandemi Covid-19, Facebook Laju Digital hadirkan pelatihan virtual dan berkolaborasi dengan organisasi pemerintahan.

Bantu UKM, Facebook Laju Digital perluas pelatihan secara virtual
Source: Business Insider

Facebook Laju Digital akan memperluas dan meningkatkan keterampilan digital bagi pencari kerja serta pelaku usaha kecil dan menengah. Hal ini dilakukan agar para komunitas dapat memanfaatkan internet secara maksimal untuk mencapai tujuannya, serta para pelajar untuk menambah literasi digital.

Program Laju Digital tahun ini akan dipaparkan secara online melalui Facebook Live, Grup Facebook, Blueprint courses, Zoom, dan platform lain serupa yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap komunitas. Ini akan memberikan pelatihan lebih dalam kepada UKM mengenai solusi bagi para pelaku usaha agar dapat bangkit dari pandemi dan terus menjalankan usahanya, yang mana solusi-solusi tersebut belum pernah diberikan pada pelatihan-pelatihan sebelumnya. Bahkan pada tahun ini, Facebook Laju Digital juga akan memberikan tips serta praktik-praktik terbaik yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha. 

"Kami yakin, melalui pelatihan Laju Digital, para pelaku UKM akan dapat memanfaatkan platform kami untuk dapat tetap menjalankan usaha mereka, terhubung dengan para konsumen, membagi kisah brand mereka dan yang terpenting mendorong penjualan. Dampak ekonomi yang hendak dicapai juga sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu membekali pelaku bisnis dengan kemampuan digital untuk membesarkan bisnis mereka secara online, dan memberikan berbagai stimulus agar mereka dapat bertahan di masa yang menantang ini," kata Facebook. 

Untuk menjangkau lebih banyak komunitas dan institusi, Facebook juga mengumumkan kemitraan baru dengan organisasi pemerintahan. Termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang menghadirkan program Digital Entrepreneurship Academy. Diketahui ini menjadi metode pembelajaran mandiri bagi calon wirausaha dengan menggunakan Blueprint courses, yang didukung dengan sesi Tanya-Jawab dengan pelatih.

Facebook juga bermitra dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, yang menghadirkan pelaksanaan pelatihan online tentang pemasaran digital untuk bisnis kecil dan menengah di bidang ekspor. Bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Facebook juga menghadirkan pelatihan online bulanan tentang pemasaran digital bagi bisnis kecil dan menengah di bawah naungan Smesco.

Selain itu, Facebook berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk menghadirkan pelatihan online tentang pemasaran digital bagi para mentor bisnis kecil dan menengah di Jawa Tengah. Bahkan Facebook juga berkolaborasi dengan idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia), yang menghadirkan pelatihan online mingguan tentang pemasaran digital yang berfokus pada bisnis lokal dan pelatihan online bulanan yang bekerja sama dengan Bank Indonesia. 

Sementara itu, Facebook telah meluncurkan kampanye Facebook Laju Digital di Indonesia sejak Agustus 2018 lalu. Kampanye ini memiliki misi untuk membantu berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, dari Barat hingga Timur, untuk dapat mencapai kesuksesan di era digital. Diketahui hingga akhir tahun 2019, Facebook Laju Digital telah melatih lebih dari 13,865 peserta di 17 kota di Indonesia. Termasuk Gorontalo, Jakarta, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Kupang, Manokwari, Medan, Jayapura, Ambon, Manado, Kendari, Denpasar, Batam, Semarang, dan Mataram.

Share
×
img
×
tekid
back to top