sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
Selasa, 04 Mei 2021 10:01 WIB

Facebook lacak pengguna agar aplikasinya tetap gratis

Dengan Apple yang memberi pembaruan privasi pada iOS 14, Facebook dan Instagram rilis notifikasi bahwa pelacakan membantu aplikasi tetap gratis.

Facebook lacak pengguna agar aplikasinya tetap gratis
Source: Tech Crunch

Facebook melanjutkan kampanyenya dalam melawan pembaruan privasi iOS 14 milik Apple. Dalam praktiknya, perusahaan menghadirkan pemberitahuan dalam aplikasi Facebook versi iOS. Dilansir dari The Verge (4/5), pesan ini memberi tahu pengguna bahwa informasi yang dikumpulkan dari aplikasi dan situs web lain dapat "membantu menjaga agar Facebook tetap gratis". Diketahui pesan serupa juga terlihat di aplikasi Instagram untuk iOS. 

Lebih lengkapnya, Facebook menjelaskan iOS 14.5 mengharuskan pengembang untuk mendapatkan persetujuan pengguna sebelum melacak beberapa data perangkat untuk meningkatkan pengiriman iklan. Perusahaan juga menyatakan, pengguna akan mendapatkan keuntungan dari pengumpulan data tersebut dari tiga aspek, yakni menampilkan iklan yang lebih dipersonalisasi, membantu menjaga agar Facebook tetap gratis, dan mendukung bisnis yang mengandalkan iklan untuk menjangkau pelanggan mereka.

Source: The Verge

Facebook juga telah menanggapi hal tersebut dengan menyebutnya sebagai "educational screens", dan mengatakan mereka akan memberikan "detail lebih lanjut tentang cara menggunakan data untuk iklan yang dipersonalisasi". Menurut Facebook, pemberitahuan tersebut akan muncul dalam beberapa hari atau minggu ke depan dan juga berlaku untuk aplikasi Instagram.

Sebelumnya Facebook mengkritik Apple atas pembaruan privasi di iOS 14, dengan alasan bahwa perubahan privasi dapat merugikan bisnis kecil yang mungkin mengandalkan jaringan iklan Facebook untuk menjangkau pelanggan. Dalam pernyataan kepada pers, Facebook mengatakan, Apple mendorong model bisnis baru untuk aplikasi sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada iklan dan lebih banyak pada langganan, yang berpotensi memberi Apple bagian keuntungan.

Share
×
tekid
back to top