sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Selasa, 05 Okt 2021 08:50 WIB

Facebook, Instagram, WhatsApp pulih setelah down serentak

Facebook mengirim tim ke pusat data di Santa Clara untuk menyetel ulang server secara manual yang sebelumnya padam dan berdampak di seluruh dunia.

Facebook, Instagram, WhatsApp pulih setelah down serentak

Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp di Indonesia pagi ini dibuat kebingungan karena tiga aplikasi tersebut tidak bisa diakses. Memenuhi tiga trending teratas di Twitter, WhatsApp, Mark Zuckerberg, dan Internet down menjadi bahan perbincangan utama sejak dini hari tadi (5/10). Banyak yang mengira jaringan provider yang mereka gunakan sedang down, tapi rupanya ini merupakan pemadaman server secara sentral di kantor Facebook.

Menurut TechRadar, ini merupakan pemadaman terbesar yang pernah terjadi pada perusahaan tersebut. Berpusat di Santa Clara, Facebook diketahui mengirim tim ke pusat data tersebut untuk menyetel ulang server perusahaan secara manual. 

Tidak hanya berdampak pada ketiga aplikasi Facebook yang tidak dapat digunakan, namun para karyawan Facebook juga tidak bisa memasuki gedung perusahaan. Mereka tidak bisa menyelesaikan pekerjaan apapun karena pemadaman memengaruhi aplikasi kolaborasi internal. Karyawan menyebut hari ini sebagai “Snow Day.”

Meskipun sudah pulih kembali, namun Facebook tidak menyebutkan penyebab dari pemadaman secara global ini. Pakar keamanan mengatakan, bukti dari kasus ini menunjukkan terjadi masalah dengan jaringan perusahaan yang memutus Facebook dari internet yang lebih luas dan juga perusahaan itu sendiri. 

“Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger akan kembali online sekarang. Maaf atas gangguan hari ini -- Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi,” kata Mark Zuckerberg lewat unggahan Facebook terbarunya.

Di Indonesia sendiri, Facebook, WhatsApp, dan Instagram mulai down sekitar pukul 11 malam WIB. Berdasarkan pantauan Tek.id di Twitter, ketiga aplikasi tersebut masih belum pulih hingga pukul 5 pagi WIB hari ini. Namun sekitar 2 jam setelahnya, server sudah kembali pulih dan seluruh pesan yang pending sejak malam sebelumnya di WhatsApp, mulai masuk.

Share
×
tekid
back to top