sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
Kamis, 30 Apr 2020 11:04 WIB

Facebook catat peningkatan pengguna selama pandemi corona

Facebook mencatat pengguna platform harian mereka meningkat ke angka 1,73 miliar, sedangkan jumlah pengguna bulanan semua platform mereka mencapai 3 miliar pengguna.

Facebook catat peningkatan pengguna selama pandemi corona
Facebook (Pexesls)

Pandemi virus corona ini memang memukul banyak perusahaan, mulai dari startup, UMKM, hingga ke perusahaan besar. Dan baru-baru ini, Facebook mengumumkan keadaan perusahaan mereka di kuartal pertama 2020.

Engadget (30/4) melaporkan, Facebook mengklaim selama pandemi Covid-19 ini mereka mencatatkan rata-rata lebih dari 1,73 miliar pengguna aktif harian pada bulan Maret. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk total pengguna harian semua aplikasi mereka, termasuk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, mereka mencatatkan total 2,36 miliar pengguna harian. Sementara pengguna aktif bulanan untuk pertama kalinya mencapai 3 miliar pengguna.

Meski dari sisi penggunaan mereka mengalami lonjakan, namun nyatanya untuk pendapatan dari iklan bisa dibilang berbanding terbalik. Mereka menyebut adanya pengurangan signifikan dalam permintaan iklan selama kuartal pertama 2020.

"Bisnis kami telah terdampak pandemi Covid-19 dan seperti semua perusahaan, kami menghadapi periode ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam prospek bisnis kami," kata perwakilan Facebook.

"Kami melihat kinerja bisnis kami akan terpengaruh oleh masalah yang di luar kendali kami, termasuk durasi dan kemanjuran pesanan tempat tinggal, efektivitas rangsangan ekonomi di seluruh dunia, dan fluktuasi mata uang relatif terhadap dolar AS."

Tetapi bahkan dengan dampak negatif Covid-19, pendapatan Facebook masih naik 18% dari kuartal yang sama tahun lalu, dengan pendapatan tumbuh menjadi USD17,7 miliar. Angka ini pun bisa dibilang cukup mengesankan.

Selain itu, selama panggilan dengan investor, CEO Facebook Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa Facebook tidak berniat menarik kembali jumlah yang diinvestasikan dalam platform-nya meskipun pertumbuhan pendapatan melambat. 

"Daripada membanting rem sekarang, seperti banyak perusahaan mungkin, penting untuk terus membangun dan terus berinvestasi," ujarnya.

Share
back to top